3 Dampak Mengerikan Jika Asteroid Jatuh ke Bumi

Dilansir dari berbagai situs terpercaya, kabarnya terakhir kali asteroid terjatuh ke bumi terjadi pada 66 juta tahun yang lalu dan mengakibatkan punahnya spesies dinosaurus yang dahulu menjadi penghuni planet bumi.

 

APA ITU ASTEROID?

Dampak Mengerikan Jika Asteroid Jatuh ke Bumi
Sumber gambar: cnbc Indonesia

asteroid merupaksn sisa sisa logam dan bongkahan batu bekas pembentukan tata surya. Ukuran yang dipunyai asteroid tak beraturan dan salah satunya berada di antara Mars serta Yupiter. Selain tidak beraturan, ternyata asteroid juga mempunyai ciri bergerombol di lokasi tertentu dengan sebuah sistem dan mengorbit memutari matahari. Kumpulan asteroid itu terkadang sebagai sabuk asteroid yang di dalamnya terdapat ratusan ribu asteroid yang memuliki ukuran beragam. Diameter asteroid biasanya sekitar 1-750 km dengan berat massa sekitar 0,0001 dari massa bumi. Namun, tahukah kamu jika asteroid kembali jatuh ke bumi apakah yang akan terjadi?

 

3 Hal Mengerikan yang Mungkin Terjadi bila Asteroid Jatuh ke Bumi

 

1. Cuaca akan sangat berangin

Pada tahun 2017, sekelompok ilmuwan Inggris menjalankan 50.000 simulasi komputer tentang dampak asteroid di berbagai belahan dunia. Penelitian itu menemukan bahwa salah satu dampak terbesar bagi peradaban manusia yaitu angin yang mengikutinya. saat benda besar sedang menghantam Bumi, hal tersebut menyebabkan guncangan yang serius di atmosfer. Asteroid yang hancur di udara, seperti peristiwa Chelyabinsk 2013, dapat menyebabkan perubahan yang signifikan.

 

2. Terjadi radiasi termal

Saat asteroid menabrak benda yang lebih besar, mereka melepaskan banyak energi. Dengan energi itu akan memunculkan energi panas, jadi manusia akan menghadapi sejumlah besar kebakaran setelahnya.

 

3. Akan berdampak jangka panjang

Dampak tersebut seperti degradasi seluruh iklim planet ini, dan hilangnya panen yang meluas bahkan dapat memusnahkan kehidupan yang ada di Bumi seperti pada zaman dinosaurus yang musnah akibat asteroid menghantam bumi pada waktu itu.

Tinggalkan komentar