3 Cara Mudah Menghapus Cache di Laptop agar Tidak Lemot

Cara Mudah Menghapus Cache di Laptop sepertinya harus kamu lakukan agar laptop kamu tidak lagi ngelap atau lemot. cara ini juga dapat berguna dengan baik untuk membantu sistem perangkat kamu berjalan normal bahkan lebih cepat karena dapat mendapatkan kembali ruang disk.

jadi untuk yang belum paham mengensi cache, cache bisa digambarkan sebagai sebuah kumpulan data sementara yang sudah digunakan oleh sebuah program atau sistem operasi dan ini dapat memperlambat perangkat bahkan bisa membuat laptop menjadi lemot. terkadang cache terdapat pasa riwayat File Explorer hingga browser.

 

Berikut Ini 3 Cara Mudah Menghapus Cache di Laptop agar Tidak Lemot

 

Cara menghapus chace di Chrome

Cara menghapus chace di Chrome
Sumber gambar: niagahoster

Bila kamu menginstal Google Chrome dan seringkali browsing di sana, kamu bisa menghapus cache dengan cara mudah yaitu tinggal klik tiga baris di pojok kanan atas dan pilih ‘History’ dari menu pull-down. Ini akan memunculkan tab baru di mana kamu akan menemukan daftar panjang kunjungan Web Anda baru-baru ini.

Lalu, kamu bisa menghapus kunjungan individu dengan mencentang kotak di samping setiap entri dan kemudian mengklik ‘Hapus item yang dipilih’. Bila kamu ingin membersihkan bagian yang lebih luas dari riwayat kamu, misalnya penjelajahan, klik tombol ‘Hapus data penjelajahan…’ di bagian atas layar Riwayat atau History untuk menampilkan jendela pop-up. Pastikan kotak di samping ‘Riwayat penjelajahan’ diklik, selain jenis informasi lain yang ingin kamu hapus, misalnya, Cookie, gambar yang disimpan dalam cache, dan unduhan.

 

Cara menghapus chace di Firefox

Cara menghapus chace di Firefox
Sumber gambar V driver easy

Untuk menghapus cache di firefox, kamu wajib klik baris di sudut kanan atas dan pilih History > Clear Recent History. Ini akan meminta daftar riwayat atau history untuk muncul. Disana kamu bisa menemukan opsi rentang waktu history, mulai dari yang baru hingga keseluruhan. Kemdian jika kamu mengklik tombol detail, Anda akan melihat berbagai jenis data yang dapat Anda coba hapus seperti riwayat penelusuran, cache, dan sebagainya.

 

Cara menghapus chace di Safari

Bila kamu memggunakan Mac dan browser Safari, klik pada menu Safari dan pilih “Clear History and Website Data” untuk memunculkan pop-up. Di sini, kamu hanya akan memiliki kemampuan untuk menghapus semua informasi kamu dalam satu gerakan, termasuk cache.