3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Tanpa Atau Dengan Aplikasi

Banyak alasan orang ingin menyimpan aplikasi agar tak terlihat di tampilan utama iPhone. Mulai dari keindahan tampilan hingga menghindari aplikasi digunakan anak atau orang lain. Untungnya, ada cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang bisa dipakai sehingga Anda lebih nyaman pakai berbagai aplikasi favorit.

Pengguna iPhone memang dimanjakan dengan berbagai aplikasi bawaan yang mutakhir, begitu juga kemudahan untuk mengunduh aplikasi tambahan melalui Apple Store. Tapi, memang terkadang aplikasi tersebut bersifat privasi sehingga ingin disembunyikan dari orang lain.

3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone

Ada tiga cara yang bisa digunakan, jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi di iPhone apapun alasannya. Ada yang bisa diterapkan dengan memanfaatkan fitur pada iPhone, ada juga yang mengandalkan aplikasi tambahan. Seperti apa cara kerjanya?


  • Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan iPhone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Tanpa Atau Dengan Aplikasi
Sumber gambar: jalan tikus

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi yang sudah tersedia saat pembelian iPhone, maka cara yang bisa dipakai untuk menyembunyikannya adalah pakai fitur yang sudah ada pada iPhone. Caranya adalah:

  1. Buka halaman utama iPhone Anda
  2. Pilih menu settingyang tersedia
  3. Lanjutkan dengan memilih menu general
  4. Pada menu generalterdapat sejumlah pilihan menu, Anda pilih enable restrictions. Menu ini akan dipakai sebagai pengunci aplikasi bawaan.
  5. Anda akan dipandu untuk memasukkan kata kunci, yang sebelumnya sudah Anda buat untuk penguncian utama iPhone.
  6. Akan tampil daftar aplikasi bawaan yang ingin disembunyikan, sehingga tak lagi tampil di halaman utama iPhone. Anda tinggal pilih aplikasi mana yang mau disembunyikan, tekan tombol di samping aplikasi untuk mengaktifkan penyembunyian.
  7. Jika berhasil, Anda tidak akan menemukan lagi ikon aplikasi di halaman menu utama iPhone. Namun kalau masih ingin menggunakannya, tinggal buka melalui menu pengaturan aplikasi.

  • Untuk Menyembunyikan Aplikasi Dari App Store

Untuk Menyembunyikan Aplikasi Dari App Store
Sumber gambar: jalan tikus

Agak berbeda dengan cara untuk menyembunyikan aplikasi bawaan dari iPhone, ketika Anda ingin sembunyikan aplikasi unduhan dari App Store maka cara paling gampang adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah menu settingdi halaman utama iPhone Anda
  2. Masuk ke menu generaldimana Anda akan menemukan menu berikutnya yaitu allowed content, yang berada pada bagian bawah daftar menu general/
  3. Anda akan diberi daftar aplikasi berdasarkan ratingdari aplikasi tersebut. Anda bisa pilih aplikasi yang mau disembunyikan berdasarkan rating Tapi, kalau masih belum tahu berapa rating aplikasi tersebut maka tinggal mengeceknya melalui App Store.

Jika Anda mau menyembunyikan aplikasi berdasarkan usia yang diperbolehkan menggunakan aplikasi, tinggal pilih rentang usia yang tersedia yaitu 4+ sampai 17+. Setelah itu aplikasi akan disembunyikan dari halaman utama iPhone.


  • Memanfaatkan Aplikasi Tambahan

Kalau Anda lebih percaya untuk menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi tambahan, maka salah satu yang bisa digunakan adalah Disablelaunch Pro. Berikut ini langkah penggunaannya:

  1. Pastikan untuk mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu melalui App Store.
  2. Buka menu settingpada iPhone Anda, lanjutkan dengan masuk pada menu aplikasi.
  3. Setelah itu, Anda pilih DisableLaunch Pro dan pilih activated method.
  4. Jika sudah aktif, maka akan muncul ikon disableyang bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi pilihan Anda untuk disembunyikan.

Cara ini tergolong cukup mudah, tapi memang Anda perlu memastikan jaringan internet pada iPhone stabil saat mengunduh aplikasi tambahan ini. Sehingga, nantinya bisa dipakai untuk menyembunyikan aplikasi.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menyembunyikan beberapa aplikasi dari halaman utama iPhone, bisa menggunakan tiga cara mudah. Ada yang mengandalkan menu bawaan iPhone dan aplikasi tambahan. Langkah kerjanya hampir sama, namun Anda harus memastikan selalu ingat password penyembunyian supaya aplikasi bisa tampil lagi.

Jadi, bukan hal yang sulit ketika Anda ingin menghilangkan aplikasi tertentu pada iPhone. Tinggal pakai cara menyembunyikan aplikasi di iPhone di atas, kemudian Anda akan melihat tampilan aplikasi lebih rapi dan tidak aplikasi tertentu tidak bisa diakses oleh siapapun karena sudah disembunyikan.