Tahukah Kamu Berapa Lama Manusia Bertahan Hidup Tanpa Air? Berikut Penjelasannya

Air merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi kehidupan, terutama bagi kita yang sangat memerlukan air untuk bertahan hidup, selayaknya kita tidak bisa hidup kalau di bumi ini tidak terdapat air. Namun pernahkah kalian berpikir, jikalau tidak ada air, kita sebagai manusia bakal tahan berapa lama ya? Yuk kita bahas bersama.

dilansir dari laman Live Science. di lingkungan yang sangat panas, orang dewasa bisa kehilangan antara 1 dan 1,5 liter air, banyak masyarakat yang mengatakan bahwa rata-rata manusia dapat bertahan hidup tanpa air dari dua sampai satu minggu, tetapi itu masih perkiraan kasar.

seorang ahli biologi di George Washington University di Washington D.C, Randall Packer, membuat suatu penelitian di lingkungan yang sangat panas, orang dewasa bisa kehilangan antara 1 dan 1,5 liter keringat per jam. Biasanya, bila seseorang dehidrasi hingga sakit, mereka juga akan kepanasan, artinya suhu internal tubuh terlalu tinggi.

Dr. Kurt Dickson, seorang dokter medis darurat di Banner Thunderbird Medical Center di Arizona mengungkapkan jika hal tersebut tidak selalu terjadi, terutama di antara kelompok orang tertentu. Anak-anak yang masih sangat muda dan orangtua dengan demensia mungkin akan lupa untuk minum air putih atau tidak dapat mengambil air tanpa bantuan.

Menurut panduan National Health Service 2009 di Inggris, dehidrasi berat terjadi saat seseorang kehilangan cairan sekira 10 persen dari total beratnya, meskipun pengukuran itu terlalu sulit dalam praktik. Namun, kehilangan cairan hingga 1,5 liter per jam di hari yang terik akan mengakibatkan dehidrasi jauh lebih cepat.

Saat kadar cairan turun dalam tubuh, cairan tersebut dialihkan untuk mengisi organ vital dan darah sehingga sel-sel di seluruh tubuh menyusut, Dr. Jeffrey Berns, yang menjadi presiden terpilih Yayasan Ginjal Nasional mengatakan kepada The Washington Post.