Cara Hapus Akun Telegram Permanen yang Mudah

Salah satu aplikasi yang cukup populer dan sudah digunakan oleh banyak kalangan ialah aplikasi Telegram. Namun, seiring semakin banyaknya akun sosmed membuat beberapa orang cenderung memilih dan memilah akun sosmed tertentu saja di Hp mereka. Ini membuat sebagian pengguna mencari cara hapus akun Telegram.

Untuk menghapus akun Telegram Anda bisa menggunakan browser dan langsung dari aplikasi. Biasanya, untuk pengguna android dan iPhone lebih memilih hapus langsung dari aplikasi. Sedangkan di laptop menghapusnya lewat browser.

Pertanyaannya, apakah akun Telegram yang dihapus bisa dikembalikan lagi? Temukan jawabannya melalui artikel berikut.

Cara Hapus Akun Telegram di Laptop

Cara Hapus Akun Telegram di Laptop
Sumber gambar: kompas

Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pada browser Anda,silahkan mengakses halaman penonaktifan akun Telegram dengan mengetik alamat https://telegram.org/deactivate.
  • Selanjutnya, masukkanlah nomor telepon Anda yang digunakan saat membuat akun.
  • Tunggulah hingga HP Anda menerima kode ontetifikasi dari Telegram
  • Setelah Anda memverifikasi akun Telegram maka Anda akan melihat tiga pilihan di Telegram core. Untuk menghapus akun Anda pilihlah delete account
  • Halaman selanjutnya akan mengarahkan Anda pada beberapa informasi mengenai konseskuensi yang akan Anda terima jika menghapus akun Telegram
  • Selanjutnya, jika Anda benar-benar telah yakin untuk menghapus akun tersebut, maka pilihlah delete my account
  • Akun Anda pun telah terhapus sehingga semua pesan, kontak hingga berbagai obrolan di dalam akun akun Telegram tersebut tidak bisa dilihat kembali

Jika suatu hari Anda memutuskan untuk kembali membuat akun Telegram dengan menggunakan nomor telepon yang sama maka semua pesan ataupun kontak dari akun Telegram sebelumnya tidak bisa dikembalikan. Namun, orang-orang yang terhubung dengan Anda akan kembali mendapatkan notifikasi tentang keberadaan Anda di Telegram.

Cara Hapus Akun di Aplikasi Telegram

Cara Hapus Akun di Aplikasi Telegram
Sumber gambar: orapada

Selain cara di atas juga terdapat cara untuk menghapus akun Telegram secara otomatis. Fitur yang digunakan ialah account self destruct. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

  • Jalankan Aplikasi Telegram lewat HP Anda.
  • Selanjutnya pada halaman chat list, silahkan memilihmenu panel di pojok kiri atas.
  • Berikutnya pilih Settings.
  • Lalu pilihlah menu Privacy and Security.
  • Setelah itu,untuk menghapus akun Telegram secara otomatis pilihlah menu Delete my account if away for.
  • Lalu Anda akan mengaturpada jendela Account self-destruct. Silahkan mengatur waktu misalnya 6 bulan.
  • Nantinya jika Andatidak login menggunakan Aplikasi Telegram selama 6 bulan maka akun Telegram akan secara otomatis terhapus beserta dengan semua pesan dan kontak yang terhubung di dalamnya.

Sekedar informasi untuk Anda bahwa aplikasi Telegram memiliki kebijakan sendiri tentang penghapusan akun tersebut. Selain terdapat menu self destructs, Telegram juga memiliki kebijakan lain tentang penghapusan akun yaitu mengenai akun yang sudah tidak aktif selama 6 bulan seperti yang telah dibahas di atas.

Jika Anda benar-benar memutuskan untuk menghapus akun Telegram tersebut maka Anda tidak akan menemukan riwayat obrolan bersama kontak Anda lagi. konsekuensi lainnya ialah saat memutuskan kembali menggunakan Telegram maka seluruh akses kontak termasuk group Anda juga akan hilang. Itu berarti Anda benar-benar tidak memiliki kesempatan untuk melihat obrolan yang pernah Anda lakukan. Kemudian, jika Anda memiliki channel ataupun group, channel dan group tersebut tetap akan ada dan admin di dalam group tetap memiliki kewenangan mengatur group. Jika Anda adalah satu-satunya admin di dalam group maka Telegram akan secara otomatis memilih salah satu anggota group dengan cara acak untuk menjadi admin. Selain itu, Telegram juga tidak akan mengizinkan Anda memiliki akun kembali dengan nomor yang sama kurang lebih selama 2 hari.