Mengenal Lebih Dalam Lagi Apa Itu Internet of Things (IoT)
Sumber gambar: thnig expo

Mengenal Lebih Dalam Lagi Apa Itu Internet of Things (IoT)

Teknologi menjadi dasar atau basic dalam berkehidupan sehari – hari. Semakin hari teknologi yang dikembangkan semakin bervariasi mengikuti kebutuhan masyarakat dan zaman. Hal ini memang umum terjadi karena kebutuhan manusia semakin hati juga semakin kompleks. Tidak terkecuali perkembangan akses internet. Iot merupakan salah satu penemuan yang sangat luar biasa. Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Internet of Things (IoT)?

Meskipun sudah dikembangkan sejak lama, namun faktanya tidak semua orang mengetahui apa itu Internet of Things (IoT). Bahkan sebagian orang belum pernah mendengarnya sama sekali. Untuk menambah wawasan Anda, simak yuk pembahasan dibawah.

Pengertian Apa itu Internet of Things

Mengenal Lebih Dalam Lagi Apa Itu Internet of Things (IoT)
Sumber gambar: things expo

Internet of Things (IoT) merupakan program atau konsep dari sebuah objek yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan atau mentransmisikan data. Data ini nantinya akan dikirimkan melalui suatu jaringan dan tidak menggunakan bantuan dari manusia bahkan komputer.

IoT ini terus berkembang mengikuti kebutuhan dan zaman. Aspek yang terus berkembang dimulai dari microelectromechanical (MEMS), internet, Quick Responses (QR) Code hingga tingkat konvergensi teknologi nirkabel.

Penggunaan RFID (Radio Frequency Identification) juga sering dilakukan sebagai sebuah metode untuk komunikasi. Kemampuan IoT  ini sangatlah luar biasa karena telah diterapkan dalam berbagai teknologi seperti pada sensor suara Amazon Alexa dan Google Ai serta juga digunakan untuk sensor cahaya.

Pada negara maju seperti Jerman dan China telah diterapkan teknologi  Smart City yang sangat berguna untuk mengawasi dan mengontrol segala aktivitas pendudukan dengan menggunakan jaringan basis data yang memiliki skala besar.

Cara Kerja dari IoT

Mengenal Lebih Dalam Lagi Apa Itu Internet of Things (IoT)
Sumber gambar: jagad.id

Cara Kerja dari IoT yaitu dengan cara memanfaatkan argumentasi dari sebuah algoritma bahasa dari pemrograman yang telah tersusun. Argumen ini merupakan sebuah hasil dari interaksi yang nantinya akan sangat membantu hardware atau perangkat keras dalam melakukan kerja dan fungsinya.

VIRAL :  Awas! Inilah Bahayanya Jika Kamu Membeli HP Batam

Secara otomatis mesin tersebut akan dapat bekerja sendiri tanpa menggunakan bantuan manusia sehingga manusia hanya bekerja untuk mengawasi dari setiap pergerakan mesin. Jaringan internet yang saling terhubung memiliki faktor terpenting.

Walaupun perkembangan dari IoT semakin masif, tapi tetap saja ada kendalanya. Kendalanya adalah terletak pada biaya yang sangat mahal serta kerumitan dalam hal penyusunan jaringan. Semakin sistem dikembangkan, maka biaya yang diperlukan juga semakin besar.

Kekurangan inilah yang membuat kenapa tidak semua negara mengembangkan teknologi ini. Dan hanya negara maju saja yang banyak menerapkan dan mengembangkan teknologi IoT ini.

Aspek Terpenting dari IoT

Mengenal Lebih Dalam Lagi Apa Itu Internet of Things (IoT)
Sumber gambar: mastel

Ada 5 aspek penting dalam pembentukan IoT ini yaitu sensor, konektivitas, keterlibatan aktif, perangkat ukuran kecil, hingga Artificial Intelligence. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak hal di bawah ini :

  • Sensor, berfungsi sebagai mengubah dari jaringan standar yang sifatnya pasif menjadi sistem aktif yang sifatnya terintegrasi dengan dunia nyata.
  • Konektivitas, suatu keadaan di mana terciptanya kinerja yang lebih efisien dan efektif melalui jaringan yang saling terhubung.
  • Keterlibatan aktif, melibatkan engagementdengan menggunakan metode paradigma aktif ke dalam berbagai produk, konten, hingga layanan yang tersedia.
  • Perangkat ukuran kecil, perangkat ini penting karena dapat meningkatkan keefektifan dan keefisienan teknologi.
  • Artificial Intelligence, merupakan kemampuan yang diberikan kepada teknologi untuk berpikir. Fungsinya adalah untuk memasang jaringan, mengembangkan algoritma, hingga mengumpulkan data.

Internet of Things di atas telah dijelaskan secara gamblang mengenai asal usul, pengertian, cara kerja, hingga aspek – aspek apa saja yang sifatnya penting dalam IoT. Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menambah wawasan seputar IoT.

DAFTAR ISI