Cara Mudah Setting Penyimpanan Kamera ke Kartu SD
Sumber gambar: bacagadget

Cara Mudah Setting Penyimpanan Kamera ke Kartu SD

Foto merupakan sebuah momen penting yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone untuk mengabadikan aktivitas yang dilakukan. Kadang-kadang ada banyaknya kita melakukan foto di ponsel akan menyebabkan penyimpanan yang membengkak dan mempengaruhi kapasitas memori di telepon. 

Biasanya banyak pengguna yang mensiasati masalah tersebut dengan memindahkan data hasil foto ke kartu SD atau memori eksternal karena memiliki banyak ruang untuk digunakan. Cara untuk memindahkan foto ke kartu SD sangatlah mudah. Tapi bagi kamu yang belum mengetahuinya, yuk kita simak bersama info dibawah ini. 

Cara Mudah Setting Penyimpanan Kamera ke Kartu SD 

Cara Mudah Setting Penyimpanan Kamera ke Kartu SD 
Sumber gambar: youtube

Setting Aplikasi Camera kamu untuk memilih tempat untuk menyimpan foto berdasarkan penyimpanan yang tersedia. Dalam beberapa laporan, default biasanya yaitu smartphone itu sendiri. Mengubahnya akan membuat beban smartphone lebih ringan, terutama setelah kamu memasang kartu microSD. Sebagai catatan, langkah-langkah tersebut diambil dari aplikasi Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Camera. Tapi langkah-langkah ini kurang lebih sama di sebagian besar perangkat yang menyertakan slot microSD. Berikut ini caranya:

 

– Buka aplikasi Camera

– Ketuk Pengaturan (ikon roda gigi)

– Scroll down dan tap Storage

– Tap SD Card

 

Setelah melakukan langkah diatas Sekarang aplikasi Camera kamu akan mengirim foto yang baru diambil ke kartu microSD. Bagaimana dengan semua foto yang telah kamu ambil yang menghabiskan ruang penyimpanan di penyimpanan internal kamu? Tentu saja perlu dipindahkan ke kartu microSD.

 

Cara Memindahkan Foto yang Sudah Diambil ke Kartu MicroSD

 

Untuk memindahkan file dari penyimpanan internal ke kartu microSD, kamu dapat menggunakan aplikasi pengelola file. Beberapa smartphone dilengkapi dengan aplikasi pengelola file yang sudah diinstal, contohnya aplikasi Samsung’s My Files app atau kamu dapat memakai aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang berfungsi seperti Solid Explorer.

Cara ini menggunakan Samsung My Files. Tapi, langkah-langkah memindahkan foto ke kartu SD harus sama di sebagian besar perangkat yang menggunakan aplikasi pengelola aplikasi.

 

– Buka aplikasi pengelola file Anda.

– Buka Penyimpanan Internal.

– Buka DCIM (singkatan dari Digital Camera Images).

– Kamera tekan lama.

– Ketuk tombol Pindah di kiri bawah layar.

– Arahkan kembali ke menu pengelola file Anda, dan ketuk pada kartu SD.

– Ketuk DCIM. Jika folder DCIM tidak ada di kartu SD kamu, ketuk Buat folder dan buat folder DCIM.

– Ketuk Selesai untuk memulai transfer.