Pulau Terbesar di Indonesia

Hello, Sobat Teknohits! Apakah kalian tahu pulau terbesar di Indonesia? Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya adalah pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya. Tapi, tahukah kalian pulau mana yang menjadi yang terbesar di Indonesia? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia dan terletak di bagian tenggara Asia. Pulau ini terdiri dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Di Indonesia sendiri, pulau Kalimantan terbagi menjadi empat provinsi yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. Pulau Kalimantan memiliki luas sekitar 743.330 kilometer persegi atau sekitar 73 persen dari luas wilayah Indonesia.

Pulau Papua

Pulau Papua adalah pulau terbesar kedua di Indonesia setelah pulau Kalimantan. Pulau ini terletak di bagian timur Indonesia dan terdiri dari dua provinsi yaitu Papua dan Papua Barat. Pulau Papua memiliki luas sekitar 421.981 kilometer persegi atau sekitar 42 persen dari luas wilayah Indonesia. Pulau Papua juga terkenal dengan keindahan alamnya seperti Raja Ampat yang merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia.

Pulau Sumatra

Pulau Sumatra adalah pulau terbesar ketiga di Indonesia. Pulau ini terletak di bagian barat Indonesia dan terdiri dari sepuluh provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, dan Bangka Belitung. Pulau Sumatra memiliki luas sekitar 473.481 kilometer persegi atau sekitar 47 persen dari luas wilayah Indonesia. Pulau Sumatra juga terkenal dengan keindahan alamnya seperti Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi adalah pulau terbesar keempat di Indonesia. Pulau ini terletak di bagian tengah Indonesia dan terdiri dari enam provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo. Pulau Sulawesi memiliki luas sekitar 189.216 kilometer persegi atau sekitar 19 persen dari luas wilayah Indonesia. Pulau Sulawesi juga terkenal dengan keindahan alamnya seperti Taman Nasional Lore Lindu dan Taman Nasional Wakatobi.

Pulau Jawa

Pulau Jawa adalah pulau terbesar kelima di Indonesia. Pulau ini terletak di bagian tengah Indonesia dan terdiri dari enam provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Pulau Jawa memiliki luas sekitar 132.107 kilometer persegi atau sekitar 13 persen dari luas wilayah Indonesia. Pulau Jawa juga terkenal dengan keindahan alamnya seperti Gunung Bromo dan Candi Borobudur yang merupakan salah satu warisan budaya dunia.

Kesimpulan

Dari kelima pulau terbesar di Indonesia, pulau Kalimantan menjadi pulau terbesar dengan luas wilayah 743.330 kilometer persegi. Namun, lima pulau ini memiliki keindahan alam yang tidak bisa diabaikan dan layak untuk dikunjungi. Selamat menjelajahi keindahan alam Indonesia!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Pulau Terbesar di Indonesia