Makanan Khas Sumatera Barat

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Sumatera Barat. Sumatera Barat terkenal dengan kekayaan kuliner yang lezat dan beragam. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Yuk, kita simak bersama!

Rendang

Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat yang paling terkenal di Indonesia bahkan dunia. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti cabai, bawang, dan kunyit. Rasanya sangat gurih dan pedas, cocok untuk kamu yang suka makanan berbumbu.

Sate Padang

Sate Padang juga tidak kalah terkenal dengan rendang. Sate Padang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk. Kemudian, sate tersebut dibakar dan disajikan dengan kuah kacang yang kental dan pedas. Sate Padang merupakan hidangan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Barat.

Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin merupakan hidangan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan campuran rempah-rempah seperti kunyit, cabai, dan jahe. Rasanya sangat lezat dan gurih. Kamu bisa menemukan gulai ikan patin di restoran-restoran di Sumatera Barat.

Keripik Sanjai

Keripik sanjai merupakan makanan ringan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ubi kayu. Keripik sanjai sangat renyah dan gurih. Kamu bisa membeli keripik sanjai di pasar tradisional di Sumatera Barat.

Soto Padang

Soto Padang adalah hidangan sup khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging ayam atau sapi. Kuahnya sangat gurih dan disajikan dengan mie, tauge, emping, dan bawang goreng. Rasanya sangat nikmat dan cocok untuk kamu yang suka makanan berkuah.

Nasi Kapau

Nasi Kapau merupakan hidangan nasi khas Sumatera Barat yang terdiri dari nasi, sayur, dan lauk-pauk seperti rendang, gulai, ayam goreng, dan sambal. Rasanya sangat lezat dan cocok untuk kamu yang suka makanan berat.

Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur adalah sate kambing khas Sumatera Barat yang terkenal dengan bumbu kacangnya yang kaya rasa. Sate Mak Syukur sangat enak dan wajib kamu coba ketika berkunjung ke Sumatera Barat.

Pangek Ikan

Pangek ikan adalah hidangan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan kelapa dan rempah-rempah. Rasanya sangat gurih dan nikmat. Kamu bisa mencoba pangek ikan di restoran-restoran di Sumatera Barat.

Dendeng Balado

Dendeng balado adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan dibumbui dengan balado atau cabai merah. Rasanya sangat pedas dan gurih. Kamu bisa menemukan dendeng balado di toko-toko oleh-oleh di Sumatera Barat.

Sambal Lado Mudo

Sambal lado mudo adalah sambal khas Sumatera Barat yang terbuat dari cabai hijau muda yang diblender dengan bumbu-bumbu seperti bawang dan garam. Sambal lado mudo sangat pedas dan cocok untuk kamu yang suka makanan pedas.

Sate Randang

Sate randang adalah sate khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti rendang. Sate randang sangat enak dan cocok untuk kamu yang suka makanan berbumbu.

Es Durian

Es durian adalah minuman khas Sumatera Barat yang terbuat dari durian yang diblender dengan susu kental manis dan es batu. Rasanya sangat segar dan cocok untuk kamu yang suka durian.

Kue Lapis

Kue lapis adalah kue khas Sumatera Barat yang terbuat dari tepung terigu, santan, gula, dan pewarna makanan. Kue lapis sangat lezat dan cocok untuk kamu yang suka kue tradisional.

Keripik Ampyang

Keripik ampyang adalah makanan ringan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ampas kelapa. Keripik ampyang sangat renyah dan gurih. Kamu bisa membeli keripik ampyang di pasar tradisional di Sumatera Barat.

Gulai Kepala Ikan

Gulai kepala ikan adalah hidangan khas Sumatera Barat yang terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan campuran rempah-rempah seperti kunyit, cabai, dan jahe. Rasanya sangat lezat dan gurih. Kamu bisa menemukan gulai kepala ikan di restoran-restoran di Sumatera Barat.

Es Sarikayo

Es sarikayo adalah minuman khas Sumatera Barat yang terbuat dari gula aren, santan, dan es batu. Rasanya sangat segar dan cocok untuk kamu yang suka minuman manis.

Bakso Sapi

Bakso sapi adalah hidangan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dibentuk bulat-bulat. Kemudian, bakso tersebut dimasak dengan kuah kaldu dan disajikan dengan mie dan tauge. Rasanya sangat nikmat dan cocok untuk kamu yang suka makanan berkuah.

Nasi Goreng Padang

Nasi goreng padang adalah hidangan nasi goreng khas Sumatera Barat yang terbuat dari nasi, daging sapi, telur, dan sambal. Rasanya sangat pedas dan cocok untuk kamu yang suka makanan pedas.

Gulai Ayam

Gulai ayam adalah hidangan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan campuran rempah-rempah seperti kunyit, cabai, dan jahe. Rasanya sangat lezat dan gurih. Kamu bisa menemukan gulai ayam di restoran-restoran di Sumatera Barat.

Keripik Pisang

Keripik pisang adalah makanan ringan khas Sumatera Barat yang terbuat dari pisang yang digoreng dan diberi bumbu rempah-rempah. Keripik pisang sangat renyah dan gurih. Kamu bisa membeli keripik pisang di pasar tradisional di Sumatera Barat.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Sumatera Barat yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Semua makanan tersebut memiliki rasa yang unik dan lezat. Jangan lupa untuk mencicipi makanan tersebut ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Makanan Khas Sumatera Barat