Cara Menghapus Akun Zoom di Hp dan Laptop 2021

Aplikasi Zoom merupakan sebuah aplikasi video conference yang saat ini ramai digunakan untuk bekerja dan belajar dari rumah. Namun, aplikasi Zoom sendiri mendapat banyak kritikan karena rentan dibobol hacker. Ada beberapa kasus kebocoran keamanan yang terjadi dan semuanya berhubungan dengan Zoom. Ini membuat beberapa pengguna mulai berpikir bagaimana cara menghapus akun Zoom.

Selain itu, kabar yang beredar belakangan ini, jika pengguna aplikasi Zoom mempunyai resiko pada data keamanan penggunanya. Dan juga tidak sedikit beredar video-video yang kurang pantas yang tersebar melalui Layanan Cloud Meeting ini.

Apabila kamu pernah menggunakan aplikasi Zoom dan pernah mengalami kasus seperti ini, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan aplikasi video conference lain dan juga mengamankan beberapa data pribadi kamu. Salah satunya adalah dengan cara menghapus akun Zoom yang kamu miliki.

Sistem keamanan Zoom

Sistem keamanan Zoom
Sumber gambar: medcom

Menurut para ahli, aplikasi Zoom ini tidak dilengkapi enkripsi end-to-end terstandarisasi, yang mana informasi yang keluar-masuk hanya dapat diakses oleh pengirim dan penerima saja. Yang berakibat, dimana informasi bisa dibajak hacker ditengah jalan, termasuk pada data pribadi seperti alamat email dan juga password.

Selain itu, aplikasi Zoom ini juga rentan terhadap aksi Zoombombing, yang mana pihak ketiga bisa masuk ke dalam sesi dan membuat kekacauan, bahkan dengan menayangkan pornografi hingga ujaran kebencian dan itu sangat berakibat fatal.

Beberapa Cara Menghapus akun Zoom dengan Mudah 

Menghapus akun Zoom
Sumber gambar: kompas

Karena tidak semua pengguna mengakses Zoom Meeting dari satu perangkat, admin sudah menyiapkan dua tutorial sekaligus. Silahkan pilih sendiri sesuai kebutuhanmu.

Cara Hapus Akun Zoom di Hp Android

Berikut tahapan yang bisa kalian ikuti untuk menghapus akun Zoom di smartphone kamu, baik android ataupun iPhone.

  • Pertama silahkan kamu login ke aplikasi Zoom yang sudah terinstal di HP
  • Lalu masuk ke menu Account Management kemudian kamu pilih Account Profile
  • Silahkan tekan opsi Terminate my account untuk menghapus akun Zoom
  • Kemudian kamu tekan Yes untuk mengkonfirmasinya dan selesai

Delete Akun Zoom di Laptop atau PC

Nah selain bisa kamu lakukan langsung melalui aplikasi, kamu juga bisa menghapus akun Zoom dengan cara mengakses website officialnya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama buka alamat website Zoom Cloud Meeting menggunakan browser di PC atau di laptop.
  • Lalu login ke akun Zoom dengan memasukan email dan password yang kamu digunakan.
  • Selanjutnya cari dan masuk pada menu Admin, kemudian pilih menu Account Management dan pilih Account Profile.
  • Langkah selanjutnya klik opsi Terminate my account kemudian klik Yes untuk mengkonfirmasinya

Nah setelah kamu berhasil menghapus akun Zoom, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu meng-uninstall aplikasi Zoom di perangkat kalian. Hal ini bertujuan untuk membersihkan data-data aplikasi yang telah tersimpan di memori perangkat.

Lalu bagaimana jika kamu membuat akun Zoom dengan menggunakan akun Google? Jika kamu berada dalam kondisi ini, maka kamu perlu melakukan langkah tambahan yaitu dengan menutup akses aplikasi Zoom ke akun Google kamu. Berikut cara hapus akun Zoom yang terhubung dengan akun Google.

  • Silahkan buka aplikasi Gmail di HP ataupun laptop, pastikan kamu login ke Gmail dengan akun Google yang sama yang juga digunakan untuk akun Zoom.
  • Tekan pada Logo yang ada di pojok kanan atas untuk masuk ke menu dan kelola Akun Google.
  • Apabila sudah tampil halaman Kelola Akun Google, cari dan masuk ke opsi Keamanan.
  • Kemudian cari dan pilih opsi Kelola Akses Pihak Ketiga, lalu cari aplikasi Zoom.
  • Terakhir tekan Hapus Akses, Lalu tekan OK untuk menerapkannya.

Nah sekarang kamu telah berhasil menghapus akun Zoom secara permanen dan tidak lagi terhubung dengan akun Google.

Sebenarnya selain menggunakan Zoom untuk keperluan telekonfrensi, kamu bisa menggunakan layanan serupa milik Google yaitu Google Meets. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi membuat akun baru, karena sudah dapat login dengan akun Google yang kamu punya.