3 Jenis Gejala Bootloop pada Smartphone, Dari Ringan Sampai Parah

Hallo sobat teknohits, pernahkah kamu mengalami perangkat smartphone kamu tiba tiba mati dan hidup sendiri? Jika pernah. Itu berarti smartphone kamu terkena bootlopp loh, mungkin kalian masih awan mengenai istilah ini maka dari itu yuk kita bahas dibawah ini.

Bootlopp merupakan suatu atau kondisi dimana ponsel gagal melakukan booting, kondisi tersebut dapat mengancam kondisi ponsel jika terus menerus dibiarkan, oleh karena itu wajib kamu ketahui apa yang menyebabkan mati dan hidup ponsel secara tiba tiba. Bootloop sendiri terbagi atas beberapa kategori yakni ringan, sedang dan berat. Yuk kita bahas dibawah ini.

 

3 Jenis Gejala Bootloop pada Smartphone

Bootloop ringan
Sumber gambar: inews

1. Bootloop ringan

Bootloop ringan ini Penyebabnya yaitu Kondisi yang terjadi saat terkena bootloop ringan ditandai dengan ponsel yang sudah menyala dan masuk menu utama, lalu tiba tiba hang dan secara otomatis melakukan restart. Tapi tenang saja karena Kerusakan seperti ini masih bersifat ringan. Karena biasanya, ponsel yang mengalami bootloop ringan akan langsung dilakukan flash. Cara ini cukup mudah, tapi disarankan untuk tidak melakukannya sendirian.

 

2. Bootloop biasa

Pada kondisi bootloop biasa, bisa bootloop dengan lancar, bahkan sampai masuk ke menu utama. Tapi, ponsel akan mengalami hang dan gangguan yang lain sehingga tidak bisa dioperasikan (hang). Untuk penanganannya juga masih cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan penanganan ponsel yang mengalami bootloop ringan. Tapi, tetap harus diperbaiki oleh orang yang ahli

 

3. Bootloop parah

Kondisi tersebut ditandai pada saat menghidupkan ponsel. Biasanya, ponsel hanya menampilkan logo animasi dan tidak bisa masuk ke menu utama. Parahnya, bisa langsung mati sendiri.

Meski kerusakannya terbilang parah, ponsel tersebut masih bisa diperbaiki tentu oleh ahlinya. Jika dipaksakan untuk memperbaikinya sendiri, berisiko kerusakan semakin parah.