Membakar ikan energi yang digunakan

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Membakar ikan energi yang digunakan

Energi yang digunakan dan perubahan energi membakar ikan adalah energi kimia, yang berasal dari ikatan senyawa di bahan bakar (umumnya batu bara atau arang), yang dipakai berubah menghasilkan energi panas.

Pembahasan:

Prinsip bahwa energi tidak dapat dihilangkan atau dimusnahkan, namun hanya dapat diubah menjadi energi bentuk lain ini disebut dengan “Prinsip Kekekalan Energi”.

Contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari adalah:

1. Membakar ikan

Saat membakar ikan, terjadi perubahan energi kimia, yang berasal dari ikatan kimia pada arang atau kayu yang dibakar menjadi energi panas atau kalor.  Kalor ini kemudian memanaskan ikan, menjadikannya matang dan lunak

2. Menyetrika

Setrika listrik menghasilkan panas dengan merubah energi listrik menjadi energi panas.

Pada saat kita menggunakan setrika listrik, arus listrik yang mengalir di setrika akan diubah menjadi energi panas. Perubahan energi listrik menjadi energi panas ini terjadi akibat adanya hambatan pada kumparan penghantar listrik di dalam setrika. Hambatan listrik akan merubah energi listrik menjadi panas. Akibatnya, suhu logam setrika naik.

3. Bermain layang-layang

Saat bermain layangan, terjadi perubahan energi kinetik, yang berasal dari pergerakan angin menjadi energi potensial.  

Gerakan angin ini akan mengenai layang-layang. Akibat dari gerakan angin ini maka layang-layang akan naik ke atas. akibat pergerakan ke atas ini, maka ketinggian layang-layang akan bertambah dan begitu juga energi potensial layang-layang akan bertambah.

4. Menjemur ikan

Saat menjemur ikan, terjadi perubahan energi matahari, yang berasal dari matahari menjadi energi panas atau kalor. Kalor ini kemudian menguapkan kandungan air dalam ikan dan menjadikannya kering.

—————————————————————————-

Pelajari Lebih Lanjut

Energi tidak dapat dihilangkan atau dimusnahkan tetapi dapat….  

Detail Jawaban:      

Kode: 7.6.6

Kelas: VII    

Mata pelajaran: Fisika      

Materi: Bab 6 – Energi dalam Sistem Kehidupan

Kata Kunci: Perkembangan Vegetatif Buatan  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Membakar ikan energi yang digunakan Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar