Tips Rahasia Menggunakan Wifi Publik Bebas Serangan Hacker

Tips Rahasia Menggunakan Wifi Publik Bebas Serangan Hacker

Di era digital ini, internet menjadi sebuah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi masyarakat, terutama anak milenial, kamu bisa menggunakan internet jika di smartphone kamu terdapat paket data atau kamu bisa memanfaatkan layanan wifi untuk terhubung ke internet.

Biasanya, terutama anak muda akan mencari Wifi Gratis di Sebuah tempat yang telah menyediakan akses tersebut, salah satunya adalah cafe, kamu cukup membeli kopi dan bisa mengakses wifi sepuasnya.

Namun, Tahukah Kamu? Ternyata wifi gratis yang terdapat di tempat publik memungkinkan disusupi hacker loh atau kemungkinan besar perangkat kamu yang terhubung dengan wifi gratis tersebut akan dengan mudah diretas oleh para penjahat siber.

Mereka (hacker) telah mengincar data pribadi dari perangkat kamu. Untuk terhubung dengan aman dan nyaman melalui WiFi publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mempunyai beberapa tips jitu untuk Anda.

 

Tips Rahasia Menggunakan Wifi Publik Bebas Serangan Hacker

Tips Rahasia Menggunakan Wifi Publik Bebas Serangan Hacker
Sumber gambar: liputan 6

Mengutip laman Instagram resmi Kemenkominfo, hal yang pertama yang kamu wajib perhatikan yaitu gunakan WiFi publik yang dikenali. Lalu tanyakan kepada pihak penyedia WiFi mana yang dibuka untuk umum atau pelanggan dapat mengunjungi situs atau laman yang menggunakan HTTPS saja.

Pasalnya dengan menggunakan HTPPS/SSL Certificate dapat mengamankan data kamu dari pihak tak bertanggung jawab. Adanya HTTPS pada situs ditandai dengan gembok berwarna hijau di awal URL-nya.

Bukan cuman itu, kamu juga perlu untuk mengaktifkan firewall apabila berselancar menggunakan laptop. Fitur tersebut dapat mengawasi koneksi internet yang masuk maupun keluar.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, masuklah ke Control Panel, klik Windows Firewall, lalu klik Turn Windows Firewall On atau Off. Selanjutnya, lakukan verifikasi bahwa Windows Firewall aktif dengan memasukkan kata sandi dari administrator kamu.

Terakhir, hindarilah pemakaian WiFi publik untuk keperluan perbankan maupun transaksi online. Ubahlah ke data seluler terlebih dahulu saat bertransaksi.

Pasalnya hacker kerap mencari celah untuk mengambil data pribadi kamu. Selain itu, hindari juga penggunaan VPN lantaran data pribadi kamu rentan dicuri.