Waspada! Aplikasi WhatsApp Palsu Ancam Pengguna Apple

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di perangkat smartphone, salah satunya di perangkat apple. namun, dengan banyaknya pengguna yang memakai whatsapp, ternyata mengundang sebuah kejahatan cyber yang membuat sebuah aplikasi whatsapp untuk pengguna apple.

Tim peneliti keamanan siber dari Universitas Toronto, Citizen Lab, bersama tim dari Motherboard mengucapkan sebuah informasi mencengangkan dan sukses mengungkap keberadaan aplikasi whatsapp palsu pada perangkat iOS. aplikasi palsu tersebut kabarnya diketahui telah diciptakan oleh perusahaan pengintai asal Italia bernama Cy4Gate, dan mengincar pengguna tertentu.

Cara kerja dari aplikasi palsu ini adalah dengan cars menipu para korban untuk menginstal fail konfigurasi tertentu yang ada di gawai buatan Apple. Lalu, mereka (peretas) menyusup lalu mengumpulkan informasi milik korbannya. Informasi yang bisa didapat oleh peretas antara lain Unique Device Identifier (UDID) dan nomor IMEI perangkat.

Aplikasi WhatsApp palsu yang terdapat di iOS ini mulai muncur ke permukaan, setelah perusahaan keamanan ZecOps, mencuitkan serangkaian serangan yang terdeteksi masuk lewat aplikasi perpesanan instan. Menurut Motherboard, WhatsApp palsu yang terdapat di perangkat Apple ini sengaja diciptakan untuk mengumpulkan informasi tentang korban, lalu mengirimkannya kembali ke peretas.

Untuk menipu korbannya, peretas ini menyertakan logo WhatsApp dan grafik yang tampak sangat profesional. Mereka juga memberikan instruksi kepada pengguna, tentang cara menginstal fail konfigurasi di gawan Apple agar menginstal aplikasi palsu tersebut.