Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi
Sumber gambar: maxgadget

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Memori smartphone android memang memiliki kapasitas yang semakin besar seiring keluarnya produk-produk terbaru dari setiaptiap pabrikan. Tapi masalah keterbatasan memori smartphone tampaknya masih belum selesai, apalagi untuk smartphone dengan harga menengah ke bawah. Oleh karena itu, penting mengetahui bagaimana cara mengosongkan ruang tanpa menghapus aplikasi, sehingga penyimpanan terasa lebih lega.

Ketika muncul notifikasi peringatan memori internal yang penuh, pengguna smartphone biasanya mulai panik. Karena hal ini menyebabkan performa ponsel menjadi kurang maksimal atau lelet. JIka ingin menginstall aplikasi maka akan muncul pesan “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat”.

Namun disisi lain, aplikasi yang diinstall sudah paling sedikit, namun notifikasi memori penuh terus muncul. Tidak perlu panik, karena bisa mengatasinya lewat artikel berikut.

Hapus Cache dari Memori Smartphone

Hapus Cache dari Memori Smartphone
Sumber gambar: gadgetren

Apabila kamu menggunakan smartphone android maka cara ini bisa kamu gunakan. Cara ini bisa digunakan untuk segala macam jenis smartphone. Caranya adalah :

  • Buka menu “Setelan / Pengaturan / Settings” lalu pilih menu “Penyimpanan / Storage”
  • Maka akan terlihat apa saja yang menyebabkan memori kamu penuh seperti aplikasi, data, gambar, video, audio, cache dan file lainnya
  • Pilih menu “Cache Data” tap atau klik
  • Maka akan muncul pop up menu baru yang mengatakan “Hapus cache data” / “Clear cahced data?” lalu pilih “Ok”

Cara ini otomatis akan menghapus cache data yang tersimpan dari aplikasi yang memberatkan. Tetapi ada kelemahannya, yaitu jika kamu menghapus cache data maka kamu akan kehilangan akun yang ada di aplikasi kamu.

Seperti jika aplikasi instagram maka kamu harus login kembali, sama halnya untuk aplikasi facebook maka kamu harus login kembali karena data kamu diawal sudah dibersihkan.

Akan tetapi, dengan melakukan cara ini maka storage memori yang awalnya penuh akan menjadi kosong kembali karena cache data banyak sekali memakan memori internal pada smartphone. Dengan sekali klik maka cache akan bersih.

Memindah Aplikasi dan File Foto, Musik dan Video ke Sd Card

Memindah Aplikasi dan File Foto, Musik dan Video ke Sd Card
Sumber gambar: riaume.me

Sebagian orang tidak memanfaatkan slot mmc yang ada di smartphone dikarenakan memori internal smartphone saat ini yang telah memiliki kapasitas besar. Tetapi semakin majunya teknologi maka semakin besar juga aplikasi yang dibutuhkan didalamnya.

Maka dari itu kamu harus memindahkan aplikasi dan file lainnya ke SD card. Caranya memindahkan aplikasi ke sd card yaitu :

  • Buka menu “Setelan / Pengaturan / Settings” lalu pilih menu “Aplikasi Terinstall / Manage Apps”
  • Cari aplikasi yang ingin di pindahkan lalu tap aplikasi tersebut
  • Kemudian pilih menu “Pindahkan ke SD Card”

Sedangkan cara memindahkan file foto, musik dan video ke sd card adalah sebagai berikut :

  • Buka menu “File Manager”
  • Carilah dan buka folder foto atau musik atau video
  • Pilih foto dan file yang ingin dipindah dengan cara tap tahan, atau pilih semua file juga bisa
  • Lalu pilih menu “Move” kemudian arahkan ke folder “SD card” lalu “Paste” ke penyimpanan folder baru.

Memilih Mode Disable Apps

Memilih Mode Disable Apps
Sumber gambar: semutimut

Selain dengan cara memindah aplikasi ke sd card, pilihan lainnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi atau disable apps untuk program yang tidak selalu dibutuhkan.

Pengguna smartphone bisa mengklik Settings > Apps untuk mengetahui aplikasi yang bisa dihentikan untuk sementara, Lalu klik disable. Aplikasi biasanya akan berhenti sementara tapi performa akan menjadi kurang optimal, karena itu pengguna disarankan rutin cek fungsi smartphone android.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kalian dan membantu mengatasi masalah memori internal penuh.