Cara Install Ulang Windows 7 dengan CD Lewat BIOS

Windows 7 sempat menjadi OS PC paling populer di dunia, sebelum kedatangan Windows 10. Sampai sekarang, masih ada lho yang menggunakannya di perangkat mereka. Apalagi menginstalll Windows 7 pada desktop atau laptop PC sangatlah mudah. Jika Windows 7 di perangkat Anda mengalami masalah dan butuh untuk melakukan install ulang, ada beberapa cara install ulang Windows 7 yang bisa dilakukan.

Seringkali, sistem operasi PC menjadi rusak, lambat atau tidak stabil dari waktu ke waktu. Terkadang, memang hal terbaik untuk dilakukan adalah menginstall ulang OS sepenuhnya. Berikut adalah panduan singkat untuk membantu Anda menginstall ulang Windows 7.

Cara Install Ulang Windows 7 dengan CD

Cara Install Ulang Windows 7 dengan CD
Sumber gambar: telset

Infeksi virus atau malware, program rusak yang sepertinya tidak dapat Anda perbaiki ternyata bisa diperbaiki dengan melakukan install ulang Windows. Dengan install ulang Windows yang baru, maka hal itu dapat memperbaiki semua masalah Anda..

Membawa PC Anda ke bengkel servis hanya membutuhkan banyak biaya. Sementara Anda sendiri bisa melakukan install ulang sistem operasi sendiri dan dalam waktu kurang dari setengah jam.

Sebelum melakukan install ulang, pastikan semua dokumen penting Anda harus dicadangkan. Saat Windows mencoba menyimpan sistem operasi lama Anda di folder Windows.Old, biasanya hal itu tidak selalu berhasil.

Selain itu, Anda mungkin tidak memiliki ruang untuk menyimpan seluruh cadangan dan mungkin hanya ingin mencadangkan file penting. Berikut adalah panduan untuk menginstall ulang Windows 7 :

  1.   Masukkan disk Windows ke dalam drive
  2.   Letakkan disk Windows 7 Anda di drive, dan tutup pop up yang muncul.
  3.   Nyalakan kembali PC dan boot dari CD
  4.   Tekan Control-Alt-Deldan pilih untuk restart.
  5.   Jika PC macet, matikan dan hidupkan kembali.
  6.   Sebelum logo Windows muncul lagi, tekan DEL atau F2untuk masuk ke BIOS (tergantung pada PC Anda).
  7.   Di bawah tulisan “Advanced Boot Options”, pilih drive CD atau DVD sebagai opsi boot pertama.
  8.   Setelah itu Anda bisa klik Save dan keluar maka otomaris PC Anda akan melakukan boot dari disk Windows.
  9.   Setelah itu klik install Windows,lalu klik install Now.
  10. Kemudian klik kotak centang “Get Important Updates for installlation”.
  11. Setelah itu pilih opsi “I Accept the License Terms” dan klik
  12. Jika muncul opsi tulisan “What Kind of installlation Do I Want?” maka klik
  13. Setelah muncul tulisan “Where Do You Want to installl Windows”, maka klik Local Drive Cdan  klik
  14. Jika Anda memiliki ruang di drive Anda, pilih untuk menyimpan installasi Windows lama Anda ke folder old. Jika tidak, Anda telah mencadangkan file penting dengan aman, jadi biarkan tidak dicentang danklik Next.
  15. Masukkan  product key.
  16. Setelah itu PC akan otomatis menginstallulang Windows 7, Anda dapat memulihkan file penting dari cadangan Anda. Anda mungkin perlu menginstall aplikasi berlisensi lagi, seperti Microsoft Office. Pastikan pula  Anda menjalankan Windows Update hingga salinan Windows 7 Anda diperbarui sepenuhnya.

Fakta yang perlu Anda ketahui adalah bahwa hanya dengan menginstall ulang Microsoft Windows, sistem Anda berjalan seperti baru lagi  tajam dan responsif. Jika sistem Anda telah berjalan selama satu tahun atau lebih, hampir pasti PC berjalan lebih lambat daripada pertama kali Anda membelinya.

Secara sederhana, Windows mulai macet dan berjalan lebih lambat karena berbagai alasan. Menginstall program, memperbarui perangkat lunak, menghapus file, sistem macet, dan bahkan browsing Internet  semuanya menghasilkan file yang pada akhirnya menyebabkan sistem operasi berjalan lebih lambat dan tidak semuanya mudah untuk dihapus. Jadi, gunakan cara install ulang Windows 7 di atas agar PC Anda tidak bermasalah lagi.