Cara Reset Windows 7 ke Pengaturan Pabrik di Laptop dan Komputer
Sumber gambar: pemzchannel

Cara Reset Windows 7 ke Pengaturan Pabrik di Laptop dan Komputer

Sama seperti perangkat pada umumnya, PC atau laptop juga biasa mengalami error secara tiba-tiba. Ini tentunya sangat mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Bagi orang awam, mereka pasti panik dan langsung berpikir laptopnya rusak. Nah, oleh karena itu pada kesempatan ini admin ingin membagikan bagaimana cara reset Windows 7.

Banyak yang bertanya, apakah cara reset Windows 7 ke pengaturan pabrik susah dilakukan? Jawabannya tidak sama sekali. Asalkan Anda mengetahui langkah-langkah yang benar, maka tidak sulit kok. Ini merupakan langkah paling tepat untuk mengatasi masalah pada perangkat Anda yang terasa lemot dan sering mengalami error.

Tanpa panjang lebar, mari segera disimak pembahasan berikut.

Cara Reset Windows 7 Menggunakan Recovery Partition 

Recovery Partition
Sumber gambar: how to geek

Sebagian besar hard drive komputer dibagi menjadi beberapa partition atau partisi. Inti dari memasukkan hard drive ke dalam partition adalah untuk memastikan bahwa kinerja komputer mampu ditingkatkan. Peran yang dimainkan oleh masing-masing partition adalah memastikan bahwa hard drive tidak bekerja terlalu keras.

Recovery partition tertanam di sebagian besar komputer dalam format yang telah diinstal sebelumnya. Terkadang, recovery partition dikirimkan dengan disk recovery terpisah kepada pengguna.

Alasan memiliki recovery partition adalah untuk membantu memulihkan komputer ke pengaturan pabriknya jika terjadi kegagalan system. Berikut adalah cara mengatur ulang pabrik Windows 7 tanpa kata sandi, menggunakan recovery partition:

Nyalakan Komputer dan Tekan Tombol yang Diperintahkan

Nyalakan komputer Anda dan saat layar di komputer menjadi hitam, maka Anda bisa menekan beberapa tombol yang diperintahkan pada layar. Tergantung pada pabrikan komputer atau laptop, ada tombol terkait yang harus ditekan saat komputer dinyalakan.

Tombol-tombol ini harus ditekan berulang kali pada layar pengaktifan untuk memastikan bahwa komputer menerima perintah. Beberapa tombol perintah pada umumnya

  • Acer: Alt + F10
  • Asus: F9
  • Dell: F8
  • HP / Lenovo: F11
  • Samsung: F4
  • Sony: F10
  • Toshiba: 0
VIRAL :  Cara Melihat Password WIFI di Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Tekan Tombol Recovery Partition

Saat tombol yang sesuai telah ditekan, maka layar device berikutnya akan menampilkan recovery partition. Di layar device, biasanya akan ada petunjuk khusus tentang ikon berikutnya yang harus diklik untuk pemulihan sistem yang efektif.

Misalnya, device Anda merknya adalah HP maka Anda bisa memilih ” I need help immediately ” dari recovery manager setelah itu pilih opsi tulisan ” System Recovery”. Adapun nama recovery partition antara satu merk komputer dengan yang lainnya berbeda, ya! Berikut adalah opsi yang bisa dipilih sesuai dengan merk komputernya

  • Acer: Acer eRecovery atau Acer Recovery Management
  • Asus: Asus Recovery Partition atau AI Recovery
  • Dell: Dell Factory Image Restore, DataSafe, Dell Backup & Recovery, dan berbagai nama lainnya
  • HP: HP System Recovery atau Recovery Manager
  • Lenovo: Rescue and Recovery atau ThinkVantage Recovery (di ThinkPads)

Cadangkan File

Setelah melakukan recovery system, maka selanjutnya Anda akan melihat dua opsi di layar berikutnya yakni :

  • Cadangkan file Anda terlebih dahulu (disarankan)
  • Pulihkan tanpa mencadangkan file

Anda dapat memilih satu opsi yang sesuai dengan situasi Anda.

Klik Next dan sistem otomatis akan segera mulai untuk memformat seluruh hard drive dan menghancurkan semua data dan melakukan reset.

Sayangnya, tidak seperti Windows 10 dan Windows 8 yang memiliki opsi pengaturan ulang bawaan, cara reset Windows 7 mungkin memerlukan sedikit upaya.

Windows 7 memang tidak seperti versi yang lebih baru karena tidak memiliki opsi pembaruan dan pengaturan ulang bawaan. Nah, agar tidak ada masalah di kemudian hari, buat recovery system tersembunyi. Hal ini membantu Anda mengembalikan Windows ke pengaturan pabrik.

 

DAFTAR ISI