Apa manfaat yang diperoleh bangsa indonesia dengan adanya kerjasama asean

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Apa manfaat yang diperoleh bangsa indonesia dengan adanya kerjasama asean

Dalam Bidang Ekonomi
Keberadaan Indonesia dalam anggota ASEAN telah memberikan dampak positif untuk negara ini, yang merupakan salah satunya yakni dari sektor ekonomi. Terjadinya hubungan perdagangan ( ekspor dan impor ) antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN lainnya. Selain itu juga Indonesia mendapatkan modal atau dana investasi dari negara-negara ASEAN lainnya yang digunakan sebagai dana untuk pembangunan dinegara ini.

Dalam Bidang Politik
Dalam bidang politik negara-negara dikawasan Asia Tenggara telah mengakui kedaulatan negara Indonesia serta tidak punya keberanian dalam melakukan intervensi politik kepada negara ini. Dengan adanya hal ini maka ancaman yang datang kepada Indonesia dapat ditekan atau diminimalisir. Negara-negara ASEAN lainnya juga mengakui dan menghormati sistem politik dalam dan luar negeri Indonesia.

Dalam Bidang Sosial
Tentunya bangsa Indonesia juga mendapatkan manfaat dari keberadaannya sebagai salah satu anggota ASEAN misalnya saja dalam bidang sosial. Masih ingat kejadian Tsunami di Aceh pada saat itu beberapa negara ASEAN telah memberikan bantuan kepada Negara Indonesia baik berupa moril maupun juga materi. Dan selain itu juga banyak kejadian-kejadian di Indonesia yang telah banyak dibantu oleh negara-negara ASEAN lainnya.

Dalam Bidang Budaya
Bidang kebudyaan tentunya ada juga manfaat dari ASEAN kepada Indonesia, dengan pertukaran pelajar merupakan salah satu dari sekian banyak sekali manfaat kehadiran ASEAN untuk Indonesia, banyak pelajar-pelajar Indonesia yang telah menuntut ilmu di negara-negara tetangga. Selain itu juga ada pementasan atau pertunjukan kesenian-kesenian atau kebudayaan-kebudayaan Indonesia dinegara-negara Asia Tenggara.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa manfaat yang diperoleh bangsa indonesia dengan adanya kerjasama asean Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar