Cara Convert Excel To CSV Yang Mudah dan Simpel 2021

Comma-separated values (CSV) adalah format file yang banyak digunakan yang menyimpan data tabel (angka dan teks) sebagai teks biasa. CSV sangat populer karena banyak program dan aplikasi mendukung file CSV, setidaknya sebagai format impor / ekspor alternatif.  Bagi yang setiap hari berkutat dengan dokumen dan kebetulan belum mengetahui bagaimana cara convert excel to CSV, bisa menyimaknya pada pembahasan berikut.

Format CSV memungkinkan pengguna untuk melihat sekilas file dan segera mendiagnosis masalah dengan data. Anda juga bisa mengubah pembatas CSV, aturan kutipan, dll. Semua opsi ini bisa dilakukan karena file CSV adalah teks biasa dan seorang pemula dapat dengan mudah memahaminya tanpa harus belajar kurva apa pun.

Bagaimana, semakin tertarik untuk mencoba cara convert Excel to CSV?

Cara Convert Excel To CSV Manual

Cara Convert Excel To CSV Manual
Sumber gambar: ireappost

Bagi Anda yang bingung bagaimana sih cara cepat dan efisien untuk mengekspor data dari Excel ke CSV dan mempelajari cara mengonversi Excel ke CSV dengan menjaga semua karakter khusus dan simbol asing tetap utuh, berikut panduannya :

  1.     Buka workbook Excel Anda, alihkan ke tab File
  2.     Kemudian klik Save As atau Anda dapat menekan F12 untuk membuka opsi Save As/
  3.     Di opsi Save as type box, maka Anda bisa pilih untuk menyimpan file Excel Anda sebagai CSV (Comma delimited).
  4.     Beberapa format CSV  yang tersedia untuk Anda adalah:

–          CSV (Comma delimited). Format ini menyimpan file Excel sebagai teks yang dipisahkan koma sehingga dapat digunakan di program Windows lain atau versi sistem operasi Windows lainnya.

–          CSV (Macintosh). Format ini menyimpan workbook Excel Anda sebagai file comma delimited untuk digunakan di sistem operasi Mac.

–          CSV (MS-DOS). Menyimpan file Excel Anda sebagai file comma delimited untuk digunakan pada sistem operasi MS-DOS.

–          Teks Unicode (* txt). adalah standar industri komputasi yang didukung oleh hampir semua sistem operasi saat ini termasuk Windows, Macintosh, Linux dan Solaris Unix. Txt dapat menangani karakter dari hampir semua bahasa modern dan bahkan beberapa bahasa kuno. Jadi, jika file Excel Anda berisi data dalam bahasa asing, simpan dulu dalam format Unicode Text lalu konversikan ke CSV.

  1.     Pilih folder tujuan tempat Anda ingin menyimpan file Excel dalam format CSV, lalu klik Simpan.
  2.     Setelah Anda mengklik Simpan,Excel akan menampilkan dua opsi. Opsi pertama mengingatkan Anda bahwa hanya spreadsheet Excel aktif yang akan disimpan ke dalam format file CSV. Jika Anda setuju dengan opsi ini, maka  klik OK. Sementara di opsi kedua, jika Anda perlu menyimpan konten dari semua lembar di workbook Anda, klik Cancel lalu simpan setiap worksheet satu per satu sebagai file Excel terpisah. Setelah itu simpan setiap file Excel sebagai CSV.
  3.     Kemudian klik OK di opsi pertama dan layar otomatis akan menampilkan notifikasi yang menginformasikan bahwa lembar kerja Anda mungkin berisi fitur yang didukung oleh pengkodean CSV.

Cara Mengubah File Excel ke CSV Menggunakan Google Spreadsheet

Cara Mengubah File Excel ke CSV Menggunakan Google Spreadsheet
Sumber gambar: kompiku

Penggunaan Google Spreadsheet juga bisa digunakan untuk mengekspor file Excel ke CSV tampaknya menjadi solusi yang sangat sederhana, berikut panduannya :

  1.     Buka Google Drive, klik tombol Buatdan pilih Spreadsheet.
  2.     Klik Impordari menu File.
  3.     Klik Unggahdan pilih file dari komputer Anda.
  4.     Pilih Ganti spreadsheet, lalu klik Impor.
  5.     Buka menu Filekemudian pilih Download As
  6.     Setelah itu pilih CSV dan simpan file CSV ke komputer Anda.
  7.     Terakhir, buka file CSV di beberapa editor teks untuk memastikan semua karakter disimpan dengan benar.

Dua cara convert Excel to CSV ini bisa Anda gunakan untuk mengubah format Excel ke CSV. Sayangnya, file CSV yang diubah dengan Google Spreadsheet ini tidak selalu ditampilkan dengan benar di Excel. Namun, tidak ada salahnya kok Anda mencobanya.