Contoh Qalqalah Sugra: Ketahui Cara Bacaan Huruf Hijaiyah yang Benar

Hello Sobat Teknohits, siapa yang tidak mengenal huruf hijaiyah? Salah satu hal yang harus dipelajari oleh umat Islam adalah cara membaca huruf hijaiyah dengan benar. Salah satu cara membaca huruf hijaiyah yang benar adalah dengan menerapkan qalqalah sugra. Apa itu qalqalah sugra? Yuk, simak artikel berikut ini!

Qalqalah sugra merupakan salah satu cara membaca huruf hijaiyah yang benar. Qalqalah sugra sendiri merupakan salah satu jenis qalqalah yang paling umum dipakai ketika membaca huruf hijaiyah. Dalam bahasa Arab, qalqalah sendiri bermakna getar atau bergetar. Sedangkan sugra sendiri bermakna kecil. Jadi qalqalah sugra dapat diartikan sebagai getaran kecil.

Qalqalah sugra sendiri terdapat pada 5 huruf hijaiyah, yaitu ط (tha), د (dal), ج (jim), ب (ba), dan ق (qaf). Ketika membaca kelima huruf ini, maka harus memperhatikan getaran kecil yang ada pada huruf tersebut. Qalqalah sugra sendiri dapat diterapkan ketika huruf tersebut berada pada posisi terakhir pada suatu kata atau ketika huruf tersebut terletak di tengah-tengah kata ketika berada pada kata ganti, kata depan, atau kata sambung.

Bagaimana cara membaca huruf hijaiyah dengan qalqalah sugra? Ketika membaca huruf ط, maka harus dibaca dengan getaran kecil pada huruf tersebut, seperti dalam kata قط (qath). Ketika membaca huruf د, maka harus dibaca dengan getaran kecil pada huruf tersebut, seperti dalam kata بد (bad). Ketika membaca huruf ج, maka harus dibaca dengan getaran kecil pada huruf tersebut, seperti dalam kata جد (jad). Ketika membaca huruf ب, maka harus dibaca dengan getaran kecil pada huruf tersebut, seperti dalam kata كتب (kataba). Sedangkan ketika membaca huruf ق, maka harus dibaca dengan getaran kecil pada huruf tersebut, seperti dalam kata قدر (qadar).

Selain itu, terdapat juga qalqalah kubra yang berbeda dengan qalqalah sugra. Qalqalah kubra sendiri merupakan getaran yang lebih kuat ketika membaca huruf hijaiyah. Qalqalah kubra terdapat pada huruf ط, د, ج, ب, dan ق. Namun, qalqalah kubra hanya terjadi ketika huruf tersebut terletak pada akhir suatu kata. Sedangkan qalqalah sugra terjadi ketika huruf tersebut terletak pada posisi terakhir pada suatu kata atau ketika huruf tersebut terletak di tengah-tengah kata ketika berada pada kata ganti, kata depan, atau kata sambung.

Qalqalah sugra sendiri merupakan salah satu cara membaca huruf hijaiyah yang benar dan wajib dipelajari oleh umat Islam. Dengan memperhatikan getaran kecil pada huruf hijaiyah, maka akan memperbaiki cara membaca huruf hijaiyah dengan benar. Selain itu, ketika membaca huruf hijaiyah dengan qalqalah sugra, maka akan menghasilkan bacaan yang lebih merdu dan indah.

Bagaimana, sudah paham kan tentang qalqalah sugra? Bagi Sobat Teknohits yang belum paham, jangan khawatir. Dalam pelajaran tajwid, qalqalah sugra juga akan dibahas secara mendalam.

Kesimpulan

Qalqalah sugra merupakan salah satu cara membaca huruf hijaiyah yang benar. Qalqalah sugra sendiri terdapat pada 5 huruf hijaiyah, yaitu ط (tha), د (dal), ج (jim), ب (ba), dan ق (qaf). Ketika membaca kelima huruf ini, maka harus memperhatikan getaran kecil yang ada pada huruf tersebut. Dengan memperhatikan getaran kecil pada huruf hijaiyah, maka akan memperbaiki cara membaca huruf hijaiyah dengan benar. Selain itu, ketika membaca huruf hijaiyah dengan qalqalah sugra, maka akan menghasilkan bacaan yang lebih merdu dan indah.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Contoh Qalqalah Sugra: Ketahui Cara Bacaan Huruf Hijaiyah yang Benar