Contoh hasil samping kacang kacangan

Contoh hasil samping kacang kacangan

Bahan pangan hasil samping tanaman adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman (selain dari pada bahan pangan utama yang digunakan) yang masih bisa dimanfaatkan. Hasil samping dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai olahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan ada juga yang dikonsumsi oleh hewan.

PEMBAHASAN :

Dengan memanfaatkan hasil samping suatu tanaman seperti batang/tangkai, kulit, maupun daun bagian luar dari tanaman dapat membantu masyarakat atau komunitas dan lingkungan dengan program daur ulang. Penerapan program daur ulang atau sistem reuse, reduce dan recycle menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan. Manusia sebagai makhluk yang paling unggul di dalam lingkungan merupakan pihak yang selalu memanfaatkan lingkungan hidupnya, memiliki kemampuan untuk berkreasi dan mengkonsumsi berbagai sumber daya alam bagi kebutuhan hidupnya, salah satunya untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

Adapun hasil samping dari pengolahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi antara lain :

1. Padi. Hasil samping serealia ini berupa beras yang merupakan makanan pokok bagi manusia, dan batang jerami yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar, pakan ternak, dan bahan bangunan.

2. Gandum. Hasil samping serealia yang dapat dimanfaatkan dari gandum ini yaitu batang, daun, sekam hasil penggilingan gandum seperti brand (bagian terluar dari kulit gandum), pollar (kulit gandum bagian dalam yang berupa serpihan). Bermanfaat untuk pakan ternak berupa unggas.

3. Jagung. Hasil saming yang dapat dimanfaatkan berupa tongkol, batang tua dan muda, daun jangung dan klobot. Bermanfaat untuk pakan ternak, pupuk kompos, bahan kerajinan.

4. Kacang kedelai. Hasil samping kacang-kacangan ini berupa ampas atau kulit kacang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

5. Kacang hijau. Hasil samping daring kacang ini berupa daun yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, dan akar yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak ataupun pupuk organik.

Dan masih banyak hasil samping yang dapat dimanfaatkan dari tanaman kacang-kacangan, serealia, dan umbi baik sebagai bahan pangan ataupun pakan ternak, bahan pupuk kompos bahkan bahan bakar hingga bahan bangunan.