jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik indonesia

jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik indonesia

motif batik indonesia adalah motif yang berasal asli dari Indonesia. Batik indonesia memiliki keragaman motif yang luar biasa indahnya.

Pembahasan

Hallo teman-teman

kali ini kita akan  mencoba menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran Sekolah Menengah Pertama dalam mata pelajaran seni.

Batik adalah warisan budaya yang berasal dari Indonesia dan sudah diakui dunia internasional. Bahkan sudah ditetapkan oleh PBB sebagai warisan budaya dunia. Hal ini dikarenakan motif indonesia yang sangatlah beragam. Bahkan disetiap daerah hampir memiliki batik ciri khas dari daerah masing. Biasanya setiap daerah mengangkat kearifan lokal untuk digambar dalam motif batik daerah mereka. Hal ini dilakukan untuk memperkuat identitas batik tersebut. Hal ini juga digunakan untuk memperlihatkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut. Contohnya batik parijoto dari sleman DIY. Daerah sleman memilih salak pondoh untuk digambar dalam motif batik parijoto. Hal ini di karenakan sleman memang identik dengan hasil salah pondohnya yang melimpah.