Nama-nama Al-Quran Beserta Dalilnya

Assalamualaikum Sobat Teknohits!

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang nama-nama Al-Quran beserta dalilnya. Al-Quran merupakan kitab suci umat Muslim yang di dalamnya terdapat 114 surah atau bab yang berisikan ayat-ayat yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Setiap surah dalam Al-Quran memiliki nama yang berbeda-beda. Berikut adalah nama-nama Al-Quran beserta dalilnya.

1. Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah merupakan surah pembuka dalam Al-Quran yang terdiri dari 7 ayat. Surah ini dianggap sebagai surah yang paling utama dalam Al-Quran karena di dalamnya terdapat doa yang sering dibaca oleh umat Muslim dalam setiap shalat. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Hijr ayat 87 yang artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu tujuh ayat yang diulang-ulang dan Al-Quran yang agung.”

2. Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah merupakan surah kedua dalam Al-Quran yang terdiri dari 286 ayat. Surah ini merupakan surah terpanjang dalam Al-Quran dan berisikan berbagai macam hukum dan perintah dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 1-2 yang artinya: “Alif Lam Mim. Inilah Kitab (Al-Quran) yang tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa.”

3. Ali Imran

Surah Ali Imran merupakan surah ketiga dalam Al-Quran yang terdiri dari 200 ayat. Surah ini berisikan kisah-kisah para nabi, hukum-hukum dalam Islam, dan ajakan untuk berbuat kebaikan. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Ali Imran ayat 31 yang artinya: “Katakanlah (Muhammad), jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.”

4. An-Nisa’

Surah An-Nisa’ merupakan surah keempat dalam Al-Quran yang terdiri dari 176 ayat. Surah ini berisikan hukum-hukum dalam Islam, termasuk hukum waris dan pernikahan. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah An-Nisa’ ayat 135 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi pribadi yang selalu menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah, meskipun terhadap dirimu sendiri atau kedua orang tua dan kaum kerabatmu.”

5. Al-Maidah

Surah Al-Maidah merupakan surah kelima dalam Al-Quran yang terdiri dari 120 ayat. Surah ini berisikan hukum-hukum dalam Islam, termasuk hukum makanan halal dan haram. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Maidah ayat 3 yang artinya: “Hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam sebagai agama bagimu.”

6. Al-An’am

Surah Al-An’am merupakan surah keenam dalam Al-Quran yang terdiri dari 165 ayat. Surah ini berisikan hukum-hukum dalam Islam, termasuk hukum syariat dan kepercayaan. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-An’am ayat 162 yang artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.”

7. Al-A’raf

Surah Al-A’raf merupakan surah ketujuh dalam Al-Quran yang terdiri dari 206 ayat. Surah ini berisikan kisah-kisah para nabi dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-A’raf ayat 180 yang artinya: “Dan bagi Allah-lah segala nama yang baik, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

8. Al-Anfal

Surah Al-Anfal merupakan surah kedelapan dalam Al-Quran yang terdiri dari 75 ayat. Surah ini berisikan tentang peperangan dan harta rampasan perang. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Anfal ayat 27 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu khianati Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu sedang kamu mengetahui.”

9. At-Taubah

Surah At-Taubah merupakan surah kesembilan dalam Al-Quran yang terdiri dari 129 ayat. Surah ini berisikan tentang perang dan berbagai hukum dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah At-Taubah ayat 128 yang artinya: “Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang Rasul dari golongan kalian sendiri, berat hatinya memikul kesusahanmu, sangat menginginkan kebaikan bagimu, sangat kasih sayang dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman.”

10. Yunus

Surah Yunus merupakan surah kesepuluh dalam Al-Quran yang terdiri dari 109 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Nabi Yunus dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Yunus ayat 57 yang artinya: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

11. Hud

Surah Hud merupakan surah kesebelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 123 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Nabi Hud dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Hud ayat 61 yang artinya: “Dan kepada Thamud (Kami utus) saudara mereka, Salih. Dia berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, kamu tidak ada Tuhan selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Inilah unta betina milik Allah sebagai tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu menyentuhnya dengan kejahatan, karena siksaan yang pedih menimpa kamu.”

12. Yusuf

Surah Yusuf merupakan surah keduabelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 111 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Nabi Yusuf dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Yusuf ayat 4 yang artinya: “Ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan; semuanya sujud kepadaku.”

13. Ar-Ra’d

Surah Ar-Ra’d merupakan surah ketigabelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 43 ayat. Surah ini berisikan tentang kebesaran Allah SWT dan kekuasaannya atas alam semesta. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Ar-Ra’d ayat 2 yang artinya: “Allah-lah yang mengangkat langit tanpa tiang yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy (tahta kebesaran-Nya), dan menundukkan matahari dan bulan; masing-masing beredar sampai batas waktu yang ditentukan. Allah-lah yang mengatur urusan yang sedang berjalan dan yang akan datang. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

14. Ibrahim

Surah Ibrahim merupakan surah keempatbelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 52 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Nabi Ibrahim dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Ibrahim ayat 35 yang artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekkah) negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahannya kepada orang yang beriman di antara mereka, dan juga rezeki dari apa yang mereka usahakan.”

15. Al-Hijr

Surah Al-Hijr merupakan surah kelimabelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 99 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Nabi Luth dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Hijr ayat 9 yang artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

16. An-Nahl

Surah An-Nahl merupakan surah keenambelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 128 ayat. Surah ini berisikan tentang kebesaran Allah SWT dan keajaiban ciptaan-Nya. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah An-Nahl ayat 125 yang artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

17. Al-Isra’

Surah Al-Isra’ merupakan surah ketujuhbelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 111 ayat. Surah ini berisikan tentang perintah untuk berbuat kebaikan dan menjauhi perbuatan dosa. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Isra’ ayat 9 yang artinya: “Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus, dan memberikan berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yakni orang-orang yang berbuat kebajikan, bahwa bagi mereka akan ada pahala yang besar.”

18. Al-Kahfi

Surah Al-Kahfi merupakan surah kedelapanbelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 110 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Ashabul Kahfi dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Kahfi ayat 9 yang artinya: “Maka mungkin kamu akan menyakiti hati karena mereka (orang-orang musyrik) tidak beriman kepada kisah ini, sebab itu Kami buat (pada) hati mereka (rasa) benci terhadap Al-Quran. Sesungguhnya kebenaran itu datang dari Tuhanmu, maka janganlah kamu menjadi termasuk orang yang ragu-ragu.”

19. Maryam

Surah Maryam merupakan surah kesembilanbelas dalam Al-Quran yang terdiri dari 98 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Maryam dan Nabi Isa serta ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Maryam ayat 21 yang artinya: “Maka wanita itu menunjuk kepada (bayinya) itu. Mereka (orang-orang Yahudi) berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan bayi yang masih dalam ayunan?””

20. Thaha

Surah Thaha merupakan surah kedua puluh dalam Al-Quran yang terdiri dari 135 ayat. Surah ini berisikan tentang kisah Nabi Musa dan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Thaha ayat 14 yang artinya: “Sesunggu

Nama-nama Al-Quran Beserta Dalilnya