dampak jika bertanggung jawab pada kewajiban

dampak jika bertanggung jawab pada kewajiban

1. Apa hak ani?2. Dampak jika bertanggung jawab pada kewajiban?!
3. Manfaat kewajiban?!
4. Dampak jika tidak bertanggung jawab pada kewajiban?! ​

jawaban

Adapun jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan di atas adalah:

  1. Ani memiliki hak untuk mendapatkan kasih sayang dan perlindungan dari orang tua, mendapat uang saku atau sarana dan prasarana untuk bersekolah, mendapatkan pujian atas prestasi yang diperoleh, mendapatkan pengajaran yang baik dari guru dan orangtua, serta mendapatkan rekreasi karena sudah banyak waktunya untuk belajar.
  2. Dampak dari kewajiban-kewajiban yang ani lakukan adalah Ani dapat menjadi pribadi yang disiplin, berbudi luhur baik, dan bertanggung jawab serta pribadi yang sukses di masa depannya.
  3. Manfaat kewajban yaitu terjaganya kerukunan, kenyamanan, ketenangan, dan keamanan hidup, terhindar dari permasalahan yang bisa datang dikemudian hari, selesainya tugas atau pekerjaan tepat waktu, menjadi orang yang sukses dikemudian hari karena memiliki etos kerja yang baik dan disiplin serta bertanggung jawab dengan kewajiban.
  4. Jika Ani tidak bertanggung jawab pada kewajibannya, maka akan berdampak buruk untuk masa depan Ani seperti mendapatkan nilai yang tidak memuaskan, tidak naik kelas, tidak mendapatkan sekolah lanjutan yang diinginkan, menjadi pemalas, dan tidak disiplin.

 

Pembahasan:

  • Kewajiban Ani sebagai siswa adalah masuk sekolah, belajar, dan mengerjakan tugas sekolah. Sedangkan kewajiban Ani sebagai seorang anak adalah berbakti kepada kedua orang tuanya.
  • Berdasarkan teks di atas dapat disimpulkan bahwa Ani telah menjalankan kewajibannya. Sebagai seorang siswa kewajiban kita adalah belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Sikap Ani yang rajin masuk sekolah, rajin belajar, dan rajin mengerjakan tugas sekolah menunjukkan bahwa Ani telah menjalankan kewajibannya sebagai seorang siswa. Ani juga telah menjalankan kewajibannya sebagai seorang anak karena telah berbakti kepada kedua orang tuanya dengan membanggakan mereka yakni naik kelas dengan nilai memuaskan.
  • Kewajiban-kewajiban Ani yang tersirat pada teks bermanfaat bagi Ani untuk menjadi pribadi yang disiplin, berbudi luhur baik, dan bertanggung jawab. Kebiasaan Ani dalam menjalankan kewajibanya sebagai siswa akan membuat Ani disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan suatu hal. Sikap Ani yang demikian juga dapat membuatnya menjadi pribadi yang tangguh dan tak mudah menyerah.
  • Dengan melaksanakan kewajibannya sebagai siswa yakni rajin masuk sekolah, rajin belajar, dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah maka dapat dikatakan bahwa Ani bertanggung jawab terhadap kewajibannya. Ani juga telah bertanggung jawab atas perhatian dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tuanya dalam menyediakan kondisi pendidikan yang terbaik bagi Ani. Bentuk tanggung jawab Ani sebagai seorang Anak dicerminkan dari sikap Ani yang menerima pemberian orang tuanya dan membalasnya dengan perbuatan luhur yakni membahagiakan keduanya dengan nilai yang memuaskan.
  • Apabila Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya, maka Ani tidak akan mendapatkan nilai yang memuaskan, bahkan Ani bisa saja tidak akan naik kelas. Hal ini terjadi jika Ani tidak rajin masuk sekolah, tidak belajar, dan tidak mengerjakan tugas sekolah. Sebab itu Ani tertinggal banyak materi pelajaran dan Ani akan stres/tertekan untuk mengejar ketertinggalannya.