Tanda Baca Huruf Hijaiyah

Kenali Tanda Baca pada Huruf Hijaiyah

Hello Sobat Teknohits, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah merupakan simbol-simbol yang digunakan dalam bahasa Arab untuk membentuk kata-kata. Namun, tahukah kamu bahwa huruf hijaiyah juga memiliki tanda baca sendiri? Tanda baca huruf hijaiyah ini bisa mempengaruhi makna yang ingin disampaikan dalam sebuah kalimat. Yuk, kenali tanda baca pada huruf hijaiyah lebih dalam lagi!

Titik (.)

Titik (.) pada huruf hijaiyah digunakan untuk menandakan akhir kalimat. Jika kamu menemukan titik pada huruf hijaiyah maka itu menandakan akhir dari kalimat tersebut. Misalnya saja, “سَلَامٌ عَلَيْكُمْ”, jika ditulis dengan tanda baca maka akan menjadi “سَلَامٌ عَلَيْكُمْ.”.

Koma (,)

Koma (,) pada huruf hijaiyah digunakan untuk memisahkan antara kata dalam sebuah kalimat. Misalnya saja, “اللَّهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَ اللَّهِ” yang artinya “Allah Maha Besar, Maha Suci Allah”. Dalam kalimat tersebut, koma digunakan untuk memisahkan antara “Allah Maha Besar” dan “Maha Suci Allah”.

Tanda Tanya (?)

Tanda tanya (?) pada huruf hijaiyah digunakan untuk menandakan pertanyaan. Misalnya, “أَيْنَ الْمَسْجِدُ؟” yang artinya “Di mana masjidnya?”. Dalam kalimat tersebut, tanda tanya digunakan untuk menandakan bahwa kalimat tersebut adalah pertanyaan.

Tanda Seru (!)

Tanda seru (!) pada huruf hijaiyah digunakan untuk menandakan kalimat yang penting dan memerintahkan. Misalnya, “اقْرَأْ!” yang artinya “Bacalah!”. Dalam kalimat tersebut, tanda seru digunakan untuk menandakan bahwa kalimat tersebut adalah perintah.

Alif Lam

Alif Lam merupakan dua huruf hijaiyah yang digabung menjadi satu tanda baca. Alif Lam ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang sudah diketahui atau spesifik. Misalnya saja, “الْكِتَابُ” yang artinya “Buku”. Dalam kalimat tersebut, Alif Lam digunakan untuk menunjukkan bahwa “buku” yang dimaksud adalah buku yang sudah diketahui.

Wau (و) dan Ya (ي)

Wau (و) dan Ya (ي) pada huruf hijaiyah digunakan untuk menghubungkan antara dua kata dalam sebuah kalimat. Misalnya saja, “وَالْمَاءُ وَالدَّمُ” yang artinya “Air dan darah”. Dalam kalimat tersebut, Wau digunakan untuk menghubungkan antara kata “air” dan “darah”.

Kesimpulan

Tanda baca huruf hijaiyah memang terlihat sederhana, tetapi sangatlah penting dalam membentuk sebuah kalimat yang baik dan benar. Dengan mengenal tanda baca pada huruf hijaiyah, kamu dapat lebih mudah memahami makna dari sebuah kalimat. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanda baca pada huruf hijaiyah, ya!

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Tanda Baca Huruf Hijaiyah