Sejarawan harus memahami konsep sinkronik dalam sejarah. Konsep sinkronik diterapkan dengan cara?

Sejarawan harus memahami konsep sinkronik dalam sejarah. Konsep sinkronik diterapkan dengan cara?

  1. menjelaskan peristiwa sejarah dengan merangkai berbagai fakta dalam hubungan sebab akibat
  2. menggambarkan secara meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktu
  3. mengutamakan dimensi waktu dengan sedikit memperhatikan keluasan ruang
  4. mengabaikan dimensi ruang dan waktu dalam penulisan sejarah
  5. menjelaskan peristiwa sejarah berdasarkan urutan jaman

Jawaban yang benar adalah: B. menggambarkan secara meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktu.

Dilansir dari Ensiklopedia, sejarawan harus memahami konsep sinkronik dalam sejarah. konsep sinkronik diterapkan dengan cara menggambarkan secara meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktu.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. menjelaskan peristiwa sejarah dengan merangkai berbagai fakta dalam hubungan sebab akibat adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. menggambarkan secara meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktu adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban C. mengutamakan dimensi waktu dengan sedikit memperhatikan keluasan ruang adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. mengabaikan dimensi ruang dan waktu dalam penulisan sejarah adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. menjelaskan peristiwa sejarah berdasarkan urutan jaman adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. menggambarkan secara meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktu.