Jelaskan Jenis Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

Assalamu’alaikum Sobat Teknohits!

Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim. Zakat sendiri merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam untuk menyalurkan sebagian harta yang dimiliki untuk membantu mereka yang membutuhkan. Di dalam agama Islam, terdapat beberapa jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim pada saat menjelang Idul Fitri. Zakat fitrah berupa makanan pokok seperti beras, jagung, dan gandum. Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebesar satu sha’ atau sekitar 2,5 kilogram dari makanan pokok tersebut. Zakat fitrah ini diberikan kepada orang yang membutuhkan seperti fakir, miskin, dan janda.

2. Zakat Maal

Zakat maal merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta kekayaan yang dimiliki oleh seorang Muslim selama satu tahun. Harta yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah harta yang mencapai nisab atau batas minimal yang telah ditetapkan. Nisab zakat maal adalah sebesar 85 gram emas atau setara dengan uang sebanyak 600 ribu rupiah. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki.

3. Zakat Penghasilan

Zakat penghasilan merupakan zakat yang dikeluarkan dari pendapatan yang diterima oleh seorang Muslim selama satu tahun. Zakat penghasilan ini dikenakan jika pendapatan yang diterima sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Nisab zakat penghasilan adalah sebesar 85 gram emas atau setara dengan uang sebanyak 600 ribu rupiah. Besarnya zakat penghasilan yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari total pendapatan yang diterima.

4. Zakat Pertanian

Zakat pertanian merupakan zakat yang dikeluarkan dari hasil panen tanaman pertanian yang ditanam di lahan yang dimiliki oleh seorang Muslim. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan berbeda-beda tergantung dari jenis tanaman dan cara pengairan yang digunakan. Sebagai contoh, zakat pertanian untuk padi yang ditanam dengan menggunakan alat pengairan adalah sebesar 5% dari hasil panen.

5. Zakat Peternakan

Zakat peternakan merupakan zakat yang dikeluarkan dari hewan ternak yang dimiliki oleh seorang Muslim. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan berbeda-beda tergantung dari jenis hewan ternak dan jumlahnya. Sebagai contoh, zakat peternakan untuk sapi yang dimiliki lebih dari 30 ekor adalah sebesar 1 ekor sapi dewasa atau 1 ekor kambing dewasa.

6. Zakat Emas dan Perak

Zakat emas dan perak merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta emas dan perak yang dimiliki oleh seorang Muslim selama satu tahun. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan berbeda-beda tergantung dari jumlah harta yang dimiliki. Sebagai contoh, zakat emas untuk harta emas yang mencapai nisab sebesar 85 gram adalah sebesar 2,5% dari total harta emas yang dimiliki.

7. Zakat Barang Temuan

Zakat barang temuan merupakan zakat yang dikeluarkan dari barang temuan yang tidak diketahui siapa pemiliknya. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari nilai barang temuan tersebut. Jika pemilik barang temuan sudah diketahui, maka tidak wajib dikeluarkan zakatnya.

8. Zakat Tabungan

Zakat tabungan merupakan zakat yang dikeluarkan dari tabungan yang dimiliki oleh seorang Muslim selama satu tahun. Zakat ini dikenakan jika jumlah tabungan yang dimiliki sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Nisab zakat tabungan adalah sebesar 85 gram emas atau setara dengan uang sebanyak 600 ribu rupiah. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari total tabungan yang dimiliki.

9. Zakat Properti

Zakat properti merupakan zakat yang dikeluarkan dari properti atau aset yang dimiliki oleh seorang Muslim selama satu tahun. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan berbeda-beda tergantung dari jenis properti dan nilai dari properti tersebut.

10. Zakat Saham

Zakat saham merupakan zakat yang dikeluarkan dari investasi saham yang dimiliki oleh seorang Muslim selama satu tahun. Besarnya zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari nilai saham yang dimiliki.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Sebagai seorang Muslim, sudah seharusnya kita memahami dan melaksanakan kewajiban zakat ini dengan baik. Dengan membayar zakat, kita dapat membantu mereka yang membutuhkan dan juga dapat membersihkan harta kita dari sifat yang kotor. Semoga bermanfaat!

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Jelaskan Jenis Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya