Catat Nih! 13 Wilayah yang Dapat Akses Internet 5G Super Ngebut

Internet merupakan sebuah teknologi yang wajib digunakan untuk kegiatan sehari hari, beberapa tahun ini Indonesia sudah bisa menikmati akses internet 4G dan 4G LTE yang memanjakan masyarakat menikmati akses internet ngebut, bahkan saat ini sudah akan digunakan teknologi terbaru yaitu Internet 5G yang tentunya akan membuat akses internet kamu menjadi super ngebut.

Akan tetapi, baru 13 wilayah nih yang bisa menikmati internet 5G ini, 13 wilayah tersebut masuk kedalam Rencana Strategis tahun 2021-2024 pada Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategi Kominfo. Sebanyak enam ibu kota provinsi di Pulau Jawa menjadi prioritas. Di antaranya Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Selain di enam lokasi itu jaringan 5G super ngebut juga akan tersedia di lima destinasi wisata super prioritas. Meliputi Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobudur (Jateng). Sisanya wilayah yang bakal dapat jaringan 5G yaitu ibu kota negara (IKN) baru dan satu industri manufaktur. Khusus untuk IKN akan diperlukan rencana menyeluruh dalam penyelenggaraan 5G, termasuk mengenai desain infrastruktur TIK.

IKN disebut telah tercover jaringan serat optik dan layanan mobile seluler 4G. Wilayah tersebut dikatakan juga sudah siap untuk mengimplementasikan teknologi 5G. Kominfo menyampaikan kerjasama dan perencanaan bersama dengan semua pemangku kepentingan sangat diperlukan. Tujuannya agar ada kepastian hukum pada masing-masing sektor yang terlibat.

“Dan meminimalisir potensi perselisihan antar sektor di kemudian hari mengingat IKN baru adalah greenfield sehingga penyelarasan seharusnya relatif lebih mudah dalam kerangka untuk mencapai tujuan bersama,” jelas Kementerian Kominfo. Implementasi jaringan 5G ini diharapkan bisa dilaksanakan secepatnya. Jika 13 wilayah ini sudah terlaksana, maka akan diperluas sesuai dengan permintaan di wilayah lain.