Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber

Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber

Karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber energi. Dalam 1 gram karbohidrat dan protein dapat dibentuk 4 kkal. Dalam 1 gram lemak dapat dibentuk 9 kkal. Karbohidrat merupakan sumber utama yang diproses menjadi energi oleh tubuh. Selanjutnya lemak sebagai cadangan energi dan yang terakhir adalah protein.

Pembahasan

Nutrisi makanan merupakan zat yang dibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan tubuh, pertumbuhan, dan juga untuk keberlangsungan fungsi normal pada jaringan dan organ tubuh.

Pelajari lebih lanjut tentang pencernaan di:

Berikut ini merupakan macam-macam zat makanan dan fungsinya pada manusia sebagai berikut:

1.  Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Satu gram karbohidrat menghasilkan sekitar 4,1 kilo kalori (kkal).

2.  Protein

Protein dibutuhkan oleh tubuh sebagai penghasil energi (1 gram = 4,1 kkal) untuk pertumbuhan, dan mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak, pembuat enzim dan hormon, dan pembentuk antibodi (sistem kekebalan tubuh).

3.  Lemak

Lemak atau lipid merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena merupaan sumber energi terbesar pada tubuh (1 gram = 9 kkal) .

Pelajari lebih lanjut tentang uji makanan di:

4.  Vitamin

Vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit pada tubuh, akan tetapi vitamin diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah dari beberapa penyakit.

5.  Mineral

Mineral berguna untuk menjaga kestabilan asam basa pada tubuh, membantu dalam proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan membentuk serta memelihara tulang.

Pelajari lebih lanjut tentang zat makanan di:

6. Air

Air merupakan komponen penting bagi tubuh. Fungsi air untuk memperlancar proses pencernaan, pelarut vitamin B dan C dan mencegah dehidrasi.