Sebutkan Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya

Pendahuluan

Hello Sobat Teknohits! Kali ini saya akan membahas tentang batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya. ASEAN merupakan organisasi kerjasama negara-negara di Asia Tenggara yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, sosial, dan politik di kawasan tersebut. ASEAN terdiri dari 10 negara anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Batas Wilayah ASEAN

Batas wilayah ASEAN ditentukan oleh letak geografisnya. ASEAN terletak di kawasan Asia Tenggara dan memiliki batas wilayah sebagai berikut:1. Sebelah Utara: Cina dan Laut Cina Selatan. Batas wilayah ini meliputi wilayah utara Vietnam dan selatan Tiongkok.2. Sebelah Timur: Laut China Selatan dan Filipina. Batas wilayah ini meliputi wilayah timur Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.3. Sebelah Selatan: Samudra Hindia. Batas wilayah ini meliputi wilayah selatan Indonesia.4. Sebelah Barat: Samudra Hindia dan Teluk Benggala. Batas wilayah ini meliputi wilayah barat Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Batas Wilayah Masing-masing Negara Anggota

Selain batas wilayah ASEAN, masing-masing negara anggota juga memiliki batas wilayah yang berbeda-beda. Berikut adalah batas wilayah masing-masing negara anggota ASEAN:1. Indonesia: Sebelah utara berbatasan dengan Laut China Selatan dan Malaysia, sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini, sebelah selatan berbatasan dengan Australia dan Samudra Hindia, dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka.2. Malaysia: Sebelah utara berbatasan dengan Thailand, sebelah timur berbatasan dengan Laut China Selatan dan Indonesia, sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Samudra Hindia, dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka.3. Thailand: Sebelah utara berbatasan dengan Myanmar dan Laos, sebelah timur berbatasan dengan Kamboja dan Laos, sebelah selatan berbatasan dengan Malaysia dan Teluk Thailand, dan sebelah barat berbatasan dengan Myanmar.4. Filipina: Sebelah utara berbatasan dengan Taiwan, sebelah timur berbatasan dengan Pasifik, sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Laut Sulu dan Selat Sibutu.5. Singapura: Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, sebelah timur berbatasan dengan Selat Singapura, sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Selat Johor.6. Brunei Darussalam: Sebelah utara berbatasan dengan Laut China Selatan, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Indonesia, dan sebelah barat berbatasan dengan Malaysia.7. Vietnam: Sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok, sebelah timur berbatasan dengan Laut China Selatan dan Filipina, sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, dan sebelah barat berbatasan dengan Kamboja dan Laos.8. Laos: Sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok, sebelah timur berbatasan dengan Vietnam, sebelah selatan berbatasan dengan Kamboja, dan sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar.9. Myanmar: Sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok, sebelah timur berbatasan dengan Thailand dan Laos, sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Teluk Benggala, dan sebelah barat berbatasan dengan Bangladesh dan India.10. Kamboja: Sebelah utara berbatasan dengan Thailand dan Laos, sebelah timur berbatasan dengan Vietnam, sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Thailand, dan sebelah barat berbatasan dengan Thailand.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya. Setiap negara anggota ASEAN memiliki batas wilayah yang berbeda-beda, namun secara keseluruhan wilayah ASEAN meliputi kawasan Asia Tenggara dan berbatasan dengan negara-negara di sekitarnya. Diharapkan artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan sobat Teknohits mengenai kawasan ASEAN. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Sebutkan Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya