Begini 3 Cara Mematikan Lampu Keyboard Laptop MSI dengan Mudah

MSI menjadi salah satu laptop yang paling digemari untuk urusan gaming. Hal ini tidak lepas dari kecanggihan lampu keyobardnya yang membuat penggunanya semakin merasakan sensasi gaming ketika menggunakan MSI. Jika tidak menginginkan lampunya hidup, maka pengguna bisa mematikannya. Terdapat 3 cara mematikan lampu keyboard laptop MSI dengan mudah.

Lampu keyboard laptop MSI sendiri memiliki sistem yang amat canggih dengan berbagai warna untuk memaksimalkan pengalaman gaming. Walaupun begitu, terkadang ada pengguna yang tidak nyaman dengan adanya lampu keyboard dengan alasan tertentu. Karena ketidaknyamanan ini penggunaan laptop menjadi terganggu. 

Cara Mematikan Lampu Keyboard Laptop MSI Anti Ribet

Lampu Keyboard Laptop MSI
Sumber gambar: DailySocial

Bagi pengguna yang tidak ingin lampu keyboard laptop MSI menyala, ada 3 cara untuk menonaktifkannya. Cara pertama adalah menggunakan software driver. Cara kedua dan ketiga menggunakan tombol keyboard manual. Jadi, perhatikan 3 cara mematikan lampu keyboard laptop MSI berikut ini dengan baik.

  1. Menggunakan Software Driver Bawaan MSI (SSE/Dragon Center)

Menggunakan software driver bawaan menjadi salah satu cara mematikan lampu keyboard MSI secara mudah. Cukup gunakan software SSE atau Dragon Center yang di dalamnya terdapat fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan keyboard. Software ini biasanya sudah terinstall otomatis di semua tipe laptop MSI.

  • Bukalah software driver SSE di laptop MSI.
  • Setelah itu, pilih pada tab ‘gear’ di sebelah atas tampilan software driver.
  • Arahkan kursor pada opsi ‘configuration’ di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi ‘disable’ untuk mematikan lampu keyboard.
  1. Menggunakan Tombol untuk lampu Keyboard (Untuk beberapa tipe laptop)

Lampu Keyboard Laptop MSI
Sumber gambar: periscopes.ru

Terdapat beberapa laptop MSI yang sudah disediakan tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan lampu keyboard. Tentu saja hal ini menjadi keunggulan tersendiri karena tidak perlu repot-repot membuka software driver msi walaupun cara tersebut sebenarnya juga cukup mudah.

Cukup tekan saja tombol tersebut untuk mematikan lampu keyboard apabila masih menyala. Tombol ini biasanya terletak di sebelah tombol power pada bagian pojok kanan atas keyboard. Dengan adanya tombol ini, pengguna bisa menonaktifkan lampu keyboard MSI lebih simpel sehingga bisa mempersingkat waktu untuk mematikannya.

  1. Menggunakan Kombinasi Tombol Keyboard

Lampu Keyboard Laptop MSI
Sumber gambar: tisu coding

Cara ini menjadi solusi terakhir jika kedua cara mematikan tombol di atas gagal. Kegagalan tersebut biasanya dikarenakan driver laptop belum terinstall dengan baik. Kombinasi keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan lampu keyboard memang menjadi fitur bawaan dari MSI. Hal ini turut memudahkan penggunaannya.

Caranya sangat simpel, cukup tekan tombol ‘fn’ dan ‘pgDn (Page Down)’ untuk mematikannya. Untuk menyalakan kembali cukup tekan tombol ‘fn’ dan ‘pgUp (Page Up). Cara ini dipastikan bisa dilakukan untuk semua tipe laptop MSI.

Ada juga alternatif lain untuk yang ingin meredupkan cahaya lampu keyboard karena terganggu dengan tingginya tingkat kecerahan. Cukup tekan tombol ‘fn’ dan navigasi atas.

Itulah ketiga cara mematikan lampu keyboard laptop MSI secara gampang. Cara ini cukup mudah untuk dipraktekkan karena cenderung mudah dan tidak begitu sulit. Hal ini sangat berguna bagi pengguna yang tidak nyaman dengan adanya lampu keyboard laptop MSI. Pengguna tersebut bisa memanfaatkan ketiga cara di atas untuk mematikannya.

Dengan demikian, pemakaian laptop MSI bisa dilakukan dengan nyaman tanpa adanya gangguan dari lampu keyboardnya. Bagaimana, mudah bukan? Anda bisa mempraktikannya sendiri di rumah jika ingin mematikan keyboard laptop MSI.

Hal ini juga bisa membantu menghemat konsumsi baterai, mengingat keyboard RGB yang menyala tentu membutuhkan daya lumayan besar.