tanda – pada lagu menunjukan bunyi

tanda – pada lagu menunjukan bunyi

jawaban

Pola irama sederhana adalah salah satu unsur utama dalam seni musik yang merupakan kelompok bunyi yang diulang-ulang secara teratur pada suatu lagu. Bunyi yang ditunjukkan menggunakan tanda (____) pada suatu lagu adalah bunyi panjang.

 

Pembahasan

Seni musik adalah salah satu bentuk dari seni audio yang unsur utamanya berupa suara atau bunyi. Suara atau bunyi ini kemudian akan diolah dan dikembangkan oleh seorang musisi untuk bisa menciptakan kesatuan bunyi yang terdengar indah dan harmonis sehingga bisa dinikmati oleh para pendengarnya. Maka dari itu, suara dan bunyi ini juga merupakan media dalam seni musik yang akan digunakan oleh para musisi untuk mencurahkan isi kepalanya, baik curahan ekspresi keindahan ataupun gejolak jiwanya.

 

Pola irama adalah salah satu bentuk dari unsur utama yang ada pada seni musik dan merupakan suatu kelompok bunyi yang akan dibunyikan secara terus menerus, diulang-ulang, dan juga teratur pada sepanjang lagu. Pola irama ini akan menentukan waktu dibunyikannya suatu nada, baik panjang atau pendek. Dalam pola irama sederhana, pola irama akan dilambangkan dengan tanda “_”. Secara sederhana, semakin panjang tanda “_” pada suatu nada, maka nada tersebut akan semakin panjang dibunyikan.