Dibawah ini yang merupakan perbedaan antara kitab dan suhuf adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Dibawah ini yang merupakan perbedaan antara kitab dan suhuf adalah

Kelas           : VIII (2 SMP)

Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam

Kategori      : Iman Kepada Kitab Kitab Allah 

Kata Kunci  : Kitab, Suhuf, Wahyu, Lembaran

Perbedaan antara Kitab dan suhuf adalah:

❂ Wujud atau bentuk dari kitab adalah dibukukan sementara wujud atau bentuk dari suhuf hanyalah berupa lembaran-lembaran.

❂ Isi dari kitab lebih lengkap dari apa yang ada pada suhuf, hal ini wajar mengingat kitab sudah berupa buku sementara suhuf hanyalah lembaran. Oleh karena hal ini juga maka hukum atau pun wahyu di dalam kitab memiliki kesinambungan sedangkan suhuf tidak.

❂ Perbedaan lainnya adalah dari masa berlaku. Kitab mempunyai masa berlaku yang lebih panjang dibandingkan dengan suhuf.

Terakhir, pada nabi yang menerima wahyu yang kemudian disusun menjadi kitab memiliki kewajiban untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya sementara pada suhuf tidak ada kewajiban yang demikian.

Catatan:

Kitab adalah buku atau tulisan yang dibukukan di mana isinya mengandung wahyu wahyu Allah yang diturunkan kepada umat manusia melalui perantara nabi dan rasul. Adapun yang dimaksud kitab Allah adalah Al-quran, Taurat, Injil, dan Zabur.

Suhuf adalah lembaran lembaran yang beirisi wahyu Allah yang dituliskan dan diturunkan kepada nabi. Contoh suhuf adalah apa yang diturunkan pada nabi Adam a.s. yang berjumlah 10 suhuf, nabi idris berjumlah 30 suhuf dan lain lain.

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Dibawah ini yang merupakan perbedaan antara kitab dan suhuf adalah Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar