Landasan Ideologi Politik Luar Negeri Indonesia Yaitu

Hello Sobat Teknohits, dalam dunia politik, tidak dapat dipungkiri jika setiap negara memiliki ideologi politik luar negeri yang berbeda-beda. Begitu juga dengan Indonesia, yang memiliki landasan ideologi politik luar negeri yang berbeda dari negara lain. Lalu, apa saja landasan ideologi politik luar negeri Indonesia? Simak penjelasan di bawah ini!

Kemerdekaan dan Kedaulatan

Kemerdekaan dan kedaulatan merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang pertama. Indonesia selalu mengutamakan kemerdekaan dan kedaulatan negaranya dalam mengambil keputusan politik luar negeri. Hal ini tercermin dari sikap Indonesia yang selalu menolak campur tangan negara lain dalam urusan dalam negeri Indonesia.

Prinsip Non-Alignment

Prinsip Non-Alignment merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang kedua. Indonesia selalu memegang prinsip untuk tidak terlibat dalam aliansi politik tertentu. Hal ini karena Indonesia ingin mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya dalam mengambil keputusan politik luar negeri.

Prinsip Musyawarah dan Mufakat

Prinsip Musyawarah dan Mufakat merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang ketiga. Indonesia selalu memegang prinsip untuk menjalin hubungan dengan negara lain melalui musyawarah dan mufakat. Hal ini karena Indonesia ingin memperkuat hubungan bilateral dengan negara lain melalui diskusi dan dialog.

Prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa

Prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang keempat. Indonesia selalu memegang prinsip bahwa negara Indonesia adalah negara yang beragama dan memiliki kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini tercermin dari sikap Indonesia yang selalu menghargai perbedaan agama dan kepercayaan pada Tuhan.

Prinsip Persahabatan dan Kerjasama Internasional

Prinsip Persahabatan dan Kerjasama Internasional merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang kelima. Indonesia selalu memegang prinsip bahwa persahabatan dan kerjasama internasional sangat penting dalam menjalin hubungan baik antar negara. Hal ini tercermin dari sikap Indonesia yang selalu menjalin kerjasama dengan negara-negara lain dalam berbagai bidang.

Prinsip HAM dan Demokrasi

Prinsip HAM dan Demokrasi merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang keenam. Indonesia selalu memegang prinsip bahwa HAM dan demokrasi adalah hak asasi manusia yang harus dihormati dan dipertahankan. Hal ini tercermin dari sikap Indonesia yang selalu menghargai hak asasi manusia dan menjunjung tinggi demokrasi dalam bernegara.

Prinsip Kepentingan Nasional

Prinsip Kepentingan Nasional merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang ketujuh. Indonesia selalu memegang prinsip bahwa kepentingan nasional harus selalu diutamakan dalam mengambil keputusan politik luar negeri. Hal ini karena Indonesia ingin mempertahankan kedaulatan dan kepentingan nasionalnya dalam hubungan internasional.

Prinsip Anti-Kolonialisme dan Anti-Imperialisme

Prinsip Anti-Kolonialisme dan Anti-Imperialisme merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang kedelapan. Indonesia selalu memegang prinsip bahwa kolonialisme dan imperialisme adalah tindakan yang merugikan negara-negara berkembang. Hal ini tercermin dari sikap Indonesia yang selalu menentang tindakan kolonialisme dan imperialisme dalam hubungan internasional.

Prinsip Solidaritas Internasional

Prinsip Solidaritas Internasional merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang kesembilan. Indonesia selalu memegang prinsip bahwa solidaritas internasional sangat penting dalam menjalin hubungan baik antar negara. Hal ini tercermin dari sikap Indonesia yang selalu membantu negara-negara lain yang membutuhkan bantuan dalam berbagai bidang.

Prinsip Perdamaian Dunia

Prinsip Perdamaian Dunia merupakan landasan ideologi politik luar negeri Indonesia yang kesepuluh. Indonesia selalu memegang prinsip bahwa perdamaian dunia adalah tujuan bersama yang harus diupayakan oleh seluruh negara di dunia. Hal ini tercermin dari sikap Indonesia yang selalu berusaha menjalin hubungan damai dengan negara-negara lain dalam upaya mempertahankan perdamaian dunia.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki landasan ideologi politik luar negeri yang berbeda dari negara lain. Indonesia selalu mengutamakan kemerdekaan dan kedaulatannya dalam mengambil keputusan politik luar negeri, serta memegang prinsip non-alignment, musyawarah dan mufakat, ketuhanan yang maha esa, persahabatan dan kerjasama internasional, HAM dan demokrasi, kepentingan nasional, anti-kolonialisme dan anti-imperialisme, solidaritas internasional, dan perdamaian dunia.

Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Landasan Ideologi Politik Luar Negeri Indonesia Yaitu