Berikut merupakan pernyataan tentang kekuasaan Inggris di Indonesia, kecuali?

Berikut merupakan pernyataan tentang kekuasaan Inggris di Indonesia, kecuali?

  1. pada tahun 1816 Inggris menyerahkan kembali kekuasaannya kepada Belanda
  2. kekuasaan Inggris di Indonesia dipercayakan kepada Thomas Stamford Raffles
  3. untuk memasukkan keuangan negara, Raffles menerapkan Cultuursteelsel
  4. salah satu kebijakan populer yang diterapkan oleh Raffles adalah sistem sewa tanah
  5. Inggris berkuasa di Indonesia setelah menerima penyerahan kekuasaan dari belanda pada tahun 1811

Jawaban yang benar adalah: C. untuk memasukkan keuangan negara, Raffles menerapkan Cultuursteelsel.

Dilansir dari Ensiklopedia, berikut merupakan pernyataan tentang kekuasaan inggris di indonesia, kecuali untuk memasukkan keuangan negara, Raffles menerapkan Cultuursteelsel.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. pada tahun 1816 Inggris menyerahkan kembali kekuasaannya kepada Belanda adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. kekuasaan Inggris di Indonesia dipercayakan kepada Thomas Stamford Raffles adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. untuk memasukkan keuangan negara, Raffles menerapkan Cultuursteelsel adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. salah satu kebijakan populer yang diterapkan oleh Raffles adalah sistem sewa tanah adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Inggris berkuasa di Indonesia setelah menerima penyerahan kekuasaan dari belanda pada tahun 1811 adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. untuk memasukkan keuangan negara, Raffles menerapkan Cultuursteelsel