Cara Jitu Menghemat Baterai Agar Tidak Cepat Lowbat

Smartphone Android terkadang sering mengalami masalah dalam perangkat nya, salah satu masalah yang sering terjadi dalam perangkat Android ini yaitu baterai yang cepat lowbat, terkadang masalah tersebut sering kali dikeluhkan para pengguna karena sering kali tidak sesuai ekspektasi, untuk mengatasi hal tersebut, teknohits sudah membuat cara Jitu untuk menghemat baterai agar tak cepat lowbat, Yuk kita simak bersama informasi nya dibawah ini.

 

Cara Jitu Menghemat Baterai Agar Tidak Cepat Lowbat

 

1. Jangan Gunakan Live Wallpaper

cara menghemat baterai yang boros pertama yaitu dengan menghindari kamu menggunakan Live Wallpaper. Meskipun memang akan buat tampilan smartphone kamu lebih hidup dan menarik, tapi akan berimbas besar pada daya tahan baterai kamu, loh! Live Wallpaper tentu saja akan mengonsumsi cukup banyak daya baterai yang akhirnya malah membuat baterai HP kamu jadi cepat habis, bro.

2. Ganti Launcher

Jika kamu bosan dengan tampilan smartphone Android kamu yang tak ada spesialnya, coba deh kamu instal aplikasi launcher terbaik di smartphone kamu. Aplikasi ini dapat buat tampilan Smartphone kamu jadi lebih menarik, bahkan kamu juga dapat mengkustomisasi sendiri sesuai seleramu. Tapi harus kamu ingat, pilihlah aplikasi dengan ukuran yang gak begitu besar. Sebab, penggunaan launcher yang ringan akan membantu menghemat daya baterai lho!

3. Matikan Fitur Motions and Gestures

Fitur Motions and Gestures ini sangat memudahkan kamu melakukan perintah hanya dengan gesture khusus pada layarnya. Contohnya, kamu dapat mengambil screenshot di HP Android, atau mengabaikan panggilan telepon. Akan tetapi, sebaiknya matikan fitur Motions and Gestures ini untuk menghemat baterai HP. Toh kamu masih bisa menggunakan perintah lain untuk menggantikan fitur ini.

4. Hindari Wakelocks

Apakah kamu pernah dengar istilah Deep Sleep? Ini merupakan mode saat smartphone kamu menghentikan semua aktivitas agar baterai kamu menjadi lebih hemat lho. Berlawanan dengan Deep Sleep, ada keadaan dimana smartphone kamu dipaksa aktif oleh suatu aplikasi, yang disebut Wakelocks,. Untuk cara menghemat baterai HP vivo atau merek Android lainnya, sebaiknya aplikasi yang menyebabkan Wakelocks ini dihindari. Kamu juga bisa membuat Wakelocks masuk dalam mode hibernasi dengan menggunakan aplikasi seperti Greenify, geng.

5. Tweak WiFi

Beberapa smartphone terbaru diatur agar aktif mencari jaringan WiFi. So begitu ada jaringan WiFi yang tersedia, akan langsung terhubung. Nih, untuk cara hemat baterai HP selanjutnya adalah mengatur agar WiFi kamu melakukan scanning hanya saat diaktifkan saja, bro. Caranya, kamu bisa masuk ke menu Settings > WiFi > More > Always allow scanning > Scan only while WiFi is On. Mudah, kan?

6. Matikan Fitur Briefing

Selain kontennya yang kadang tak sesuai selera, fitur Briefing juga berakibat besar pada berkurangnya baterai kamu. Sebab setiap kali kamu membuka fitur ini saat secara tidak sengaja tergeser, maka secara otomatis Briefing akan melakukan sinkronisasi data. Untuk hemat baterai smartphone kamu, sebaiknya kamu buat fitur ini Off agar baterai HP kamu gak cepat habis saat digunakan.

7. Hindari Auto Brightness

Meski akan memudahkan kamu untuk melihat layar secara nyaman di berbagai lingkungan, namun fitur Auto Brightness juga berakibat fatal pada baterai smartphone. Sebenarnya, tampilan layar adalah satu penyebab baterai HP cepat habis, loh! Semakin terang layar, semakin besar daya baterai yang digunakan. Untuk bisa hemat baterai Android kamu, sebaiknya matikan fitur Auto Brightness dan atur kecerahan layar secara manual saja.

Tinggalkan komentar