Penyebab terjadinya inflasi di awal kemerdekaan indonesia adalah

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Penyebab terjadinya inflasi di awal kemerdekaan indonesia adalah

Jawaban:

Inflasi yang secara umum dapat diartikan sebagai fenomena dalam ranah ekonomi dimana jumlah uang yang beredar lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Di awal kemerdekaan, RI pernah mengalami inflasi yang turut memperparah kondisi krisis ekonomi akibat blokade dagang yang dilakukan oleh Belanda.

Inflasi pada awal ekonomi terjadi disebabkan oleh:

– Mata uang Jepang yang beredar di masyarakat tidak bisa dikendalikan oleh pemerintah. seperti kita tahu, bahwa awal kemerdekaan itu Indonesia baru lepas dari pendudukan yang dilakukan oleh Jepang. Dan dalam kasus ini golongan petani lah yang menderita kerugian paling banyak sebab mereka menyimpan banyak mata uang tersebut.

– Kondisi tsb makin bertambah parah manakala kemudian pasukan sekutu berhasil merebut beberapa pusat perkotaan dan bank-bank yang terpusat di sana. Dari sana pasukan sekutu kembali mengedarkan uang cadangan untuk keperluan mereka yang berkaitan dengan operasi merebut kembali wilayah Indonesia

– Sedang pada saat bersamaan, Republik yang masih muda itu, yakni Indonesia, belum memiliki mata uang resmi mereka sendiri. Sehingga kala itu pemerintah menerapkan aturan pemberlakuan 3 mata uang sekaligus. Yakni mata-uang De Javasche Bank, mata-uang pemerintah Hindia Belanda dan mata-uang pendudukan Jepang.

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Penyebab terjadinya inflasi di awal kemerdekaan indonesia adalah Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar