Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone yang Cepat Habis
Sumber gambar: tribunnews

7 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone yang Cepat Habis

Hallo sobat teknohits, sebelumnya Mimin sudah memberikan informasi menarik tentang penyebab baterai smartphone android cepat habis dan sekarang Mimin akan kembali berikan tips dan cara mudah nih mengenai cara menghemat baterai smartphone agar tidak cepat habis, yuk kita bahas dibawah ini.

 

7 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone yang Cepat Habis

Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone yang Cepat Habis
Sumber gambar: berbagi teknologi

1. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Banyaknya aplikasi kamu gunakan bisa menjadi penyebab baterai smartphone kaku jadi boros lho. Untuk itu, bagusnya kamu selalu memperhatikan aplikasi berjalan yang ditempatkan pada background. Jika sewaktu-waktu kamu merasa baterai Android kamu cepat sekali habis, coba deh cek penggunaan baterai kamu dengan masuk menu Settings > Battery > Battery Usage. Bila kamu sukses temukan aplikasi yang boros baterai, sebaiknya kamu uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

2. Hati-hati Install Aplikasi

Kamu harus selalu Selalu perhatikan dan wasoada terhadap aplikasi yang diinstal. Selalu baca baik-baik akses apa saja yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi. Beberapa aplikasi busa buat baterai smartphone kamu cepat habis sebab terus-terusan melakukan ping lokasi Android kamu. So, ada bagusnya kurangi menginstal aplikasi yang membutuhkan akses lokasi kamu, bro.

3. Disable Aplikasi Bawaan

Ada fakta banyak sekali vendor yang memasukkan banyak bloatware pada smartphone besutannya. Terkecuali untuk HP Android One yang menggunakan sistem operasi murni. Untuk menghemat baterai HP Xiaomi maupun Android lainnya, coba deh kamu disable bloatware dengan cara masuk ke menu Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Disable. Bukan cuma dinonaktifkan, kamu juga dapat menghapus aplikasi bawaan di Android tanpa root supaya kondisi baterai HP kamu tidak terancam, geng.

4. Power Saving Mode

Jika kebenaran smartphone kamu sudah menakai sistem operasi Android Lollipop, kamu dapat menghemat daya tahan baterai Android dengan masuk ke fitur Power Saving Mode. Pada mode tersebut semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai kamu akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi. Cara masuk Power Saving Mode adalah dengan masuk Settings > Battery > Battery Saver pada pengaturan smartphone kamu. Untuk cara menghemat baterai HP Samsung J2 Prime maupun tipe lainnya, coba masuk ke menu Ultra Power Saving Mode yang akan menyesuaikan tampilan untuk menghemat baterai.

VIRAL :  Aplikasi iphone Keren Abis yang Tak Dimiliki Android, Kamu Wajib Download

5. Matikan Fitur Smart Stay

Di kebanyakan smartphone Samsung atau Android lainnya ada fitur Smart Stay yang akan membuat smartphone kamu tetap menyala selama kamu menatap layarnya. Tapi tahukah kamu bahwa fitur ini berimbas besar kepada baterai HP kamu? Kondisi stand-by dengan layar menyala akan menguras baterai HP sedikit demi sedikit. Kalau dibiarkan, baterai HP akan cepat boros, atau bahkan cepat rusak, loh! Jadi, buruan nonaktifkan fitur ini, lho!

6. Go Grayscale!

Masih berhubungan dengan kamu yang hobi membaca, kamu dapat hemat daya baterai smartphone Android dengan cara masuk ke tampilan Grayscale atau Dark Mode. Fitur Dark Mode akan buat tampilan layar Android kamu jadi tampak gelap sehingga mengurangi konsumsi baterai.

 

7. Gelap Tak Selalu Jahat

Tema gelap nggak selalu berkaitan kejahatan. Malah berguna banget buat smartphone, apalagi jika menggunakan layar dengan panel AMOLED. Layar AMOLED sangat lemah terhadap warna cerah seperti putih. Ujung-ujungnya, baterai HP bakal kena imbas. Maka dari itu, cara menghemat baterai HP OPPO dan Android lainnya, salah satunya adalah dengan menggunakan wallpaper bernuansa gelap.