Daulah bani abbasiyah mencapai puncak kejayaan pada masa khalifah

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Daulah bani abbasiyah mencapai puncak kejayaan pada masa khalifah

Kejayaan Daulah Bani Abbasiyyah berlangsung pada masa Khalifah Harun al-Rasyid, (memerintah 786-809 M) dan anaknya, Khalifah Al-Ma’mun (memerintah 813 – 833)

Pada masa ini terjadi perkembangan ilmu pengetahuan dan banyak muncul para ilmuwan dalam berbagai bidang. Daulah Abbasiyah juga memiliki kekuatan militer dan hubungan diplomatik yang luas.

Pembahasan:

Bani Abbasiyah mencapai masa kejayaannya pada masa khalifah Harun al-Rasyid dan anaknya, Al-Ma’mun. Pada masa ini banyak hidup para ilmuwan di berbagai bidang.  

Ilmuwan ini misalna adalah Al-Khwarizmi (matematika), Al-Kindi (sastra), Jabir bin Hayyan (kimia dan astronomi), dan Al-Farghani (astronomi).

Harun Ar-Rasyid (memerintah 786-809 M) memberi dukungan kepada para ilmuwan dan perkembangan ilmu pengetahuan di masanya. Dia memberikan dana untuk mendirikan rumah sakit, lembaga pendidikan dokter, dan farmasi.

Kebijakan mendukung ilmu pengetahuan dilanjutkan oleh penerusnya, khalifah al-Maʾmūn (memerintah 813 – 833) yang menjadi khalifah setelah mengalahkan saudaranya,Al-Amin, dalam perang saudara.

Dalam bidang ilmu pengetahuan, Al-Ma’mun mendirikan Baitul Hikmah, lembaga penterjemah yang menterjemahkan kitab dari Yunani Kuno dan India, yang menjadikan Baghdad sebagai pusat ilmu pengetahuan di Abad Pertengahan.  

Berbeda dengan Bani Umayyah yang melakukan diskriminasi pada orang non-Arab, Bani Abbasiyah memberikan posisi penting dalam pemerintahan pada orang non-Arab seperti Iran dan Turki. Ini membuat Bani Abbasiyah mengadaptasi sistem pemerintahan dan kebudayaan Persia yang sebelumnya sudah maju.

Dengan sistem pemerintahan ini, Bani Abbassiyah mampu mengatur wilayahnya dengan lebih efektif dan memberikan pendapatan yang besar kepada pemerintahan kekhalifahan. Para Ilmuwan dari suku bangsa Iran (seperti Al-Khwarizmi) juga bisa melakukan penelitian dan menulis buku dengan bebas, yang mendorong kemajuan ilmu pengetahuan di Bani Abbasiyah.

Khalifah dari Bani Abbasiyah menggabungkan pendekatan militer dan diplomasi untuk menghadapi lawan-lawannya. Harun Al-Rasyid misalnya, melakukan serangan ke Anatolia ketika Romawi Timur dibawah Kaisar Nikopheros melanggar perjanjian. Namun, dia jua melalukan hubungan baik dengan Kekaisararan Karel yang Agung di Perancis, dan dengan Dinasti Tang di China.

Hubungan baik ini membuka peluang perdagangan antar negara yang memberi sumbangan pada perekonomian Bani Abbasiyah.

———————————————–

Pelajari lebih lanjut:

Proses berdirinya Dinasti Abbassiyah  

Detail Jawaban

Kode: –

Kelas: VIII

Mata pelajaran: IPS/Sejarah    

Materi: Sejarah Peradaban Islam

Kata kunci: Bani Abasiyah

 

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Daulah bani abbasiyah mencapai puncak kejayaan pada masa khalifah Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar