La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya

Arti kata Lailaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadz Dzalimin adalah “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”. Ini merupakan doa nabi yunus saat ia berada dalam perut ikan.

PEMBAHASAN

Adik-adik doa Lailaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadz Dzalimin adlah doa yang dipanjatkan nabi yunus alaihisalam ketika beliau berada diperut ikan, dimana saat itu beliau meninggalkan kaumnya yang tidak mau mendengarkan dakwahnya dan menaiki kapal, dan ditengah kapal terjadi badai yang luar biasa sehingga orang-orang mengundi siapa yang akan dibuang kelaut agar kapal tidk tenggelam. Maka atas ijin ALLAH terpilihlah nabi yunus dan akhirnya ketika tercebur dilaut beliau dimakan oleh ikan besar dan berada dalam perutnya selama 40 hari.

ALLAH Ta’ala berfirman pada surah anbiya ayat 7,

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِى ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

wadzaa nnuuni idz dzahaba mughaadiban fazhanna an lan naqdira ‘alayhi fanaadaa fii zhzhulumaati an laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu mina zhzhaalimiin

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”.

Rasulullah bersabda mengenai fadhilah doa ini , yang artinya ,

“Doa Dzun Nun (Yunus) ketika ia memohon dari dalam perut ikan ; (Lailaha illa Anta Subhanaka inni kuntu minadz dzalimin)

Sesungguhnya tidaklah seorang lelaki muslim berdoa dengannya memohon sesuatu melainkan pasti Allah akan mengabulkan permohonannya.”

(HR Tirmidzi ).

adik-adik , imam ibnu qoyyim menyampaikan doa ini sangatlah luar biasa dan dapat menjadi penyebab hilangnya segala kesulitan dan kesedihan karena dalam doa ini terdapat bentuk sempurna dari tauhid, pengagungan kepada ALLAH yang Maha Suci dan Maha Agung serta didalamnay terdapat pengaukuan dari seorang hamba bahwa kita ini orang yang dzolim, dzolim atas dosa-dosa yang kita perbuat.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian adik-adik, semoga jawaban kakak membantu yaa. Untuk soal-soal agama lainnya, adik-adik bisa cek link dibawah ini ya, Insha ALLAH jawabannya sudah terverifikasi team brainly.

Oke adik adik Semangat belajarnya yaa !!! jangan lupa jadikan jawaban terbaik !

…………………………………………………………………………………………………………………………..

DETAIL JAWABAN

Kelas : VII

Pelajaran : Agama

Kategori :  Bab : iman kepada ALLAH

Kata Kunci : doa nabi yunus, dzun nun yunus

Kode : 7.14.2

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar