Syarat topik dalam penelitian sejarah adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Syarat topik dalam penelitian sejarah adalah

Hai generasi milenial yang semangat belajarnya terus membara! Kali ini kita akan membahas tentang persyaratan topik penelitian. Check this out!

Persyaratan topik penelitian sejarah antara lain 1) orisinal (keaslian); 2) bernilai; 3) unik; 4) kesatuan; dan 5) praktis.  Dalam menentukan topik penelitian maka harus memenuhi syarat-syarat topik penelitian tersebut.

Pembahasan  

Dalam penelitian sejarah terdapat langkah-langkah penelitian yang disebut dengan metode penelitian, yakni pedoman yang digunakan untuk mengkaji sebuah peristiwa dan fenomena sejarah. Tujuan penerapan metode penelitian adalah untuk memperoleh hasil penelitian yang bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan.  

Topik penelitian adalah bagian penting dalam sebuah penelitian sejarah. Dalam menentukna topik penelitian terdapat syarat-syarat yang harus diperhatikan.

Syarat-syarat topik penelitian yang perlu diperhatikan sejarawan antara lain:  

  • Orisinal (keaslian), artinya topik yang dipilih sejarawan topik yang memuat upaya atau cara pembuktian yang sifatnya baru untuk mengungkap peristiwa yang sama.
  • Bernilai, artinya topik yang diteliti dapat bersifat penting dan memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan juga bagi kehidupan masyarakat.
  • Unik, artinya topik yang dipilih sejarawan adalah hal yang sifatnya unik sehingga mampu menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu pembaca untuk membaca penelitan sejarah.
  • Kesatuan, artinya topik yang dipilih sejarawan memiliki satu kesatuan ide atau keterkaitan dengan peristiwa lain.  
  • Praktis, artinya data penelitian yang dibutuhkan sesuai dengan batas kemampuan yang dimiliki oleh peneliti.  

Selain syarat-syarat topik penelitian tersebut, dalam menentukan topik sejarawan harus mempertimbangkan  kedekatan intelektual dan kedekatan emosional. Kedekatan intelektual artinya sejarawan harus menguasai secara mendalam topik yang dipilih. Kedekatan emosional berarti sejarawan memiliki ketertarikan akan topik yang dipilih. Jika sejarawan telah memiliki ketertarikan terhadap topik penelitian maka akan memnghasilka penelitian yang berkualitas karena dikerjakan dengan sepenuh hati.  

Pelajari Lebih Lanjut  

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut penelitian sejarah, disarankan untuk mempelajari juga materi berikut ini:

  1. Materi tentang tahapan dalam penelitian sejarah di brainly.co.id/tugas/9929014
  2. Materi tentang sejarawan harus menghindari kesalahan pemilihan topik penelitian sejarah di brainly.co.id/tugas/12266173
  3. Materi tentang penelitian sejarah harus mengikuti metode ilmiah di brainly.co.id/tugas/769877  

Detil Jawaban

Kelas  : X

Mapel : Sejarah

Bab         : Cara Berfikir Sejarah

Kode  : 10.3.2001

Kata Kunci : Syarat topik penelitian, sejarah

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Syarat topik dalam penelitian sejarah adalah Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar