Orang yang menerima barang wakaf disebut

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Orang yang menerima barang wakaf disebut

Orang yang menerima wakaf adalah nazir wakaf. wakaf adalah menyerahkan sesuatu dengan hak milik kita yang tahan lama, misalkan tanah, sumur, kebun dll untuk digunakan dalam kepentingan umat dan agama. Agar bisa dimanfaatkan oleh orang banyak.

PEMBAHASAN

Adik-adik yang sholeh dan sholehah, dalam hukum islam wakaf berarti menyerahkan sesuatu dengan hak milik kita yang tahan lama, misalkan tanah, sumur, kebun dll untuk digunakan dalam kepentingan umat dan agama. Agar bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Penerima wakaf disebut dengan nazir wakaf

dalam hukum islam syarat wakaf ada 2, yaitu :

1.Tindakan/perbuatan yang menunjukan pada wakaf.

2.Dengan ucapan, baik ucapan (ikrar) yang sharih (jelas) atau ucapan yang kinayah (sindiran). Ucapan yang sharih seperti: “Saya wakafkan….”. Sedangkan ucapan kinayah seperti: “Saya shadaqahkan, dengan niat untuk wakaf”.

UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf menyebutkan harta benda wakaf yang sudah diwakafkan dilarang:

•dijadikan jaminan;

•disita;

•dihibahkan;

•dijual;

•diwariskan;

•ditukar; atau

•dialihkan dalam bentuk pengalihan hak lainnya.

Nah adik-adik, ada senuah contoh kasus tanah wakaf yang diwakafkan menjadi tanah kuburan apakah boleh dimanfaatkan untuk memasang tower yang nanti hasilnya juga digunakan untuk pemakaman itu ?

Jawabannya adalah tergantung akad awal wakafnya. Apabila orang yang mewakafkan tanah itu mewakafkan tanahnya untuk pemakaman saja maka tanah itu tidak boleh digunakan untuk hal lainnya. Namun bila akad awalnya dalah mewakafkan tanah itu untuk pemakaman dan keperluannya , maka hukumnya adalah boleh.

Conoth lain,  tanah yang diwakafkan untuk masjid. Mengenai batasan masjid. Bila yang mewakafkan tanah, akadnya adalah digunakan sebagai masjid. Maka yang disebut masjid adalah sejak kita masuk pagar depan masjid. Namun bila akadnya adalah diwakafkan untuk masjid dan keperluannya, maka yang disebut masjid adalah tempat orang-orang sholat didalam bangunan itu.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Tuliskan ayat yang menerangkan bahwa neraka jahanam diperuntukkan bagi orang kafir dan munafik

Mengapa dalam islam terdapat aturan tentang najis ma’fu?

Apa faktor yang memengaruhi pemikiran Muhammad Abduh

Oke adik adik Semangat!  Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !

………………………………………………………………………………………………………………………….

DETAIL JAWABAN

Kelas : XI

Pelajaran : Agama

Kategori : BAB 1 – Al quran sebagai pedoman hidup

Kata Kunci : hukum wakaf, Nazir wakaf

Kode : 11.14.1

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Orang yang menerima barang wakaf disebut Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar