Tuliskan penyebab langsung jatuhnya kabinet sukiman jelaskan

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tuliskan penyebab langsung jatuhnya kabinet sukiman jelaskan

Jawaban:

Jatuhnya Kabinet Sukirman  adalah karena diterimanya Mutual Security Act, yaitu bantuan dari Amerika Serikat pada tahun 1951 yang diberikan ke beberapa negara untuk melawan komunisme.  

Pembahasan:

Mutual Security Act (MSA) adalah program bantuan militer dan keuangan oleh Amerika Serikat pada awal Perang Dingin di tahun 1950an. MSA diluncurkan pada tahun 1951 dan berlangsung hingga tahun 1961. Bantuan ini diberikan ke banyak negara dan menggantikan program bantuan Marshall Plan yang diluncurkan di akhir Perang Dunia II.

Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan bantuan MSA dari Amerika Serikat pada masa Kabinet Sukiman (27 April 1951 hingga 25 Februari 1952). Ini setelah Menteri Luar Negeri pada kabinet tersebut, Achmad Subarjo menandatangani perjanjian ini. Indonesia pun mendapatkan bantuan militer dana.  

Namun penandatanganan perjanjian ini ditentang berbagai kalangan di Indonesia dan akhirnya menyebabkan jatuhnya kabinet tersebut.  

Akibat dari penandatanganan ini, kabinet Sukirman yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sukiman Wiryosanjoyo, dianggap melanggar prinsip hubungan luar negeri “bebas aktif”, dan menjadikan Indonesia bersekutu dengan Amerika Serikat.  

Karena itu, Partai Masyumi, yang saat itu dipimpin oleh Muhammad Natsir, menolak mendukung penandatanganan MSA ini. Akibatnya, Kabinet Sukiman kehilangan mandatnya. Pada 23 Februari 1952, Sukiman Wiryosanjoyo menyerahkan kembali mandatnya sebagai perdana menteri kepada presiden Sukarno, dan membubarkan kabinetnya. Kabinet Sukirman ini kemudian digantikan oleh kabinet Wilopo.  

Kode:  12.3.1

Kelas: XII

Mata Pelajaran: IPS/Sejarah

Materi: Bab 1 – Indonesia Era Demokrasi Liberal

Kata Kunci: Kabinet Sukirman, Mutual Security Act

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tuliskan penyebab langsung jatuhnya kabinet sukiman jelaskan Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar