kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh

kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh

a. tingkat kesehatan seseorang
b. kemampuan dalam melakukan aktivitas
c. derajat kebugaran jasmani
d. volume daya tahan yang tinggi

jawaban

Dalam melakukan aktivitas bergerak ataupun aktivitas berat, kondisi fisik yang ada pada diri seseorang akan mempengaruhi tingkat efektivitas penyelesaian aktivitas tersebut. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, hal yang akan menentukan kemampuan fisik seseorang adalah (C) derajat kebugaran jasmani.

 

Pembahasan

Pilihan (C) benar karena kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh atau fisik yang ada pada diri seseorang yang membuat orang tersebut bisa menyelesaikan pekerjaan sehari-hari secara efektif dan optimal tanpa mengalami kelelahan atau kehabisan tenaga yang terlalu berarti. Dalam kebugaran jasmani, ada beberapa jenis komponen yang nantinya akan membentuk kualitas dari kebugaran jasmani yang ada pada diri seseorang.

Berikut adalah beberapa komponen dalam kebugaran jasmani:

  • Daya ledak: kemampuan tubuh seseorang untuk bisa mengeluarkan seluruh tenaganya dalam waktu yang singkat sehingga menciptakan tenaga yang eksplosif.
  • Kekuatan: kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan kontraksi pada ototnya sehingga bisa mengeluarkan tenaga yang dibutuhkan untuk menahan, menarik, atau mendorong suatu beban yang ada dalam aktivitas berat.
  • Ketahanan: kemampuan tubuh seseorang untuk mempertahankan staminanya ketika melakukan suatu aktivitas bergerak dalam jangka waktu tertentu.