Solusi Mengatasi Koneksi Internet Lemot, Kartu Smartfren
Sumber gambar: gus info

5 Solusi Mengatasi Koneksi Internet Lemot, Kartu Smartfren

Internet lemot sepertinya adalah sebuah masalah yang sangat sering terjadi pada pengguna smartphone, salah satunya adalah pengguna provider Smartfren yang terkadang mengeluhkan jaringan internet lemot kartu tersebut.

Jadi kali ini teknohits akan berusaha membahas cara mengatasi koneksi internet lemot smartfren yang sering dikeluhkan para pengguna setianya, terdapat 5 cara yang bisa kamu praktekan di rumah agar koneksi internet kamu kembali seperti semula, yuk kita simak informasi nya dibawah ini.

 

5 Solusi Mengatasi Koneksi Internet Lemot, Kartu Smartfren

 

1. Gunakan Jaringan 4G Only

Solusi yang pertama yang dapat kamu praktekan untuk membuat jaringan Smartfren kamu jadi balik lagi seperti normal yaitu dengan setting agar HP kamu menggunakan jaringan 4G Only. Umumnya, sih, smartphone mempunyai setelan default network 3G & 4G. Setelan ini bakal sesuaikan jaringan yang sesuai dengan area coverage provider di wilayah sekitarmu.

Contohnya daerah tempatmu berada tak mendukung 4G, maka smartphone kamu akan langsung menggunakan jaring Smarfren 3G. Nggak heran kalau Smartfren kamu berasa lemot. Dengan memakai jaringan 4G only, HP kamu bakal dipaksa untuk mencari jaringan 4G terdekat. Hal tersebut dapat membuat koneksi kamu makin kencang.

Akan tetapi, terdapat satu kekurangan dari metode ini. Baterai HP kamu akan cepat habis karena dipaksa untuk terus-terusan mencari koneksi 4G.

 

2. Setting APN Smartfren

APN atau Access Point Network merupakan sebuah istilah untuk menyebut gateway antara jaringan seluler GSM, 3G, atau 4G, dan jaringan komputer lainnya. APN inilah yang mengatur semua kebutuhan jaringan operator, geng. Mulai dari IP, Proxy, server, dan sebagainya. Tanpa APN, kita tak dapat tersambung ke internet.

Nih, biasanya setelan APN default dari provider nggak sesuai dengan paket internet yang kita pakai. Hal tersebut membuat koneksi jadi lemot, bahkan nggak bisa internetan sama sekali. Cara mengganti APN cukup mudah, kok, geng. Kamu tinggal mengganti angka kode pada kolom pengaturan sesuai dengan setelan APN Smartfren yang kamu inginkan.

 

3. Mengatur Ulang DNS

Jika kamu rasa Smartfren lemot, ada kemungkinan setelan DNS kamu kurang benar. DNS atau Domain Name System adalah server komputer yang bisa mengubah IP address menjadi domain address. Tidak semua DNS mempunyai stabilitas dan keamanan yang baik. Begitu pun dengan DNS default yang ada di HP kamu masing-masing. Oleh karena itu dibutuhkan setelan DNS yang lebih baik. Jika kamu pengen mencoba mengatasi Smartfren lemot dengan mengganti DNS default di HP, kamu dapat memakai server DNS yang Jaka rekomendasikan, seperti Open DNS, Cloudfare, dan lain-lain.

 

4. Mengecek FUP

Kalau kamu merupakan pengguna Smartfren Unlimited, mungkin saja masalah Smartfren lemot sudah sering kali kamu hadapi. Mungkin juga, masalahnya bukan dari jaringan atau HP kamu. Paket Smartfren Unlimited memang terkenal murah. Akan tetapi kamu harus ingat bahwa paket-paket tersebut memiliki FUP.

FUP atau Fair Use Policy adalah batas pemakaian wajar yang diberlakukan oleh provider. Kebijakan ini bermaksud untuk mencegah pengguna download hingga puluhan giga setiap harinya. Kalau penggunaan internet unlimited kamu sudah melewati FUP, kecepatan internet kamu bakal turun dengan drastis. Jangan heran kalau rasanya Smartfren lemot banget.

Unlimited, sih, tapi kamu juga harus tetap menggunakan internet dengan wajar. Masa kamu bayar murah tapi pengen nikmatin fasilitas yang mahal?

 

5. Me-restart Smartphone

Cara agar Smartfren tidak lemot yang terakhir yaitu dengan cara me-restart smartphone kamu. Cara berikut memang nggak berhubungan langsung dengan provider namun patut kamu coba. Jaka yakin di antara kamu pasti jarang banget yang mematikan HP. Padahal mematikan dan me-restart HP punya manfaat yang baik, lho.

Upaya ini bakal membersihkan memori HP kamu serta mereset ulang HP kamu sehingga nggak lagi terjadi malfungsi. Restart HP juga kemungkinan bakal mengembalikan jaringan provider kamu menjadi normal lagi apabila terjadi bug minor yang tidak terdeteksi oleh sistem.