Tahukah Kamu, Siapa Penemu World Wide Web?

Internet sekarang sudah merajai pasar dunia, hampir semua perusahaan besar sampai kecil menggunakan jasa internet sebagai bahan promosi dan memperbesar perusahaan agar terus berkembang. Dan tentu saja para perusahaan tersebut pasti punya web pribadi untuk mengakses data & pekerjaan mereka.

Tentu saja, web mereka menggunakan teknologi World Wide Web (WEW) sebagai alamat situs mereka. Namun, tahukah kamu siapa orang berjasa dibalik penemuan teknologi yang sangat bermanfaat tersebut? Jika kamu tidak tahu, yuk kita bahas bersama dibawah ini.

Orang jenius itu adalah Ilmuwan komputer Tim Berners-Lee merupakan tokoh yang menciptakan World Wide Web. Orang berjasa dibalik WWW ini pernah berkerja di European Organization for Nuclear Research (CERN) di Jenewa, Swiss, pada 1989.

Dirangkum dari beberapa sumber Bernes Lee pertama kali mengembangkan web karena kebutuhannya untuk menyimpan berkas-berkas pribadinya. Dia membuat sistem bernama ENQUIRE yang merupakan database pengguna personal dan model software.

Web menggunakan hypertext, jadi setiap halaman informasi di ENQUIRE harus dihubungkan dengan halaman yang telah ada. Pada 1980, Bernes-Lee dihadapkan pada masalah semua fisikawan dari seluruh dunia harus membagikan data namun tidak punya mesin untuk hal itu.

Berners-Lee menulis sebuah proposal pada Maret 1989 mengenai database hypertext besar dengan link. Meskipun proposal itu hanya menarik keuntungan kecil, Berners-Lee didorong bosnya, Mike Sendall guna menerapkan sistemnya pada workstation yang baru.

Hingga 1990, Berners-Lee membangun semua alat yang diperlukan agar web bekerja, seperti HyperText Transfer Protocol (HTTP) 0,9, HyperText Markup Language (HTML), web browser pertama (bernama World Wide Web yang juga web editor), perangkat lunak server yang pertama HTTP (kemudian dikenal sebagai CERN httpd), serta web server pertama (http://info.cern.ch).

Pada 2014 Guardian melaporkan, Tim berpendapat kebebasan berinternet sedang terancam oleh pemerintah yang berminat dalam mengontrol web. Ia mengatakan bahwa diperlukan undang-undang yang akan menjamin kebebasan berinternet dan privasi penggunanya.

Tim adalah direktur dari World Wide Web Consortium, badan yang menggarap pedoman untuk pengembangan internet. Dia menyarankan adanya versi Magna Carta untuk Internet. Magna Carta adalah piagam abad ke-13 yang menyarankan adanya jaminan untuk kebebasan dan hak dasar.