upaya yg bisa dilakukan oleh indonesia untuk mencegah angka pengangguran, upaya yg bisa dilakukan oleh manusia untuk mencegah dampak buruk yg ditimbulkan oleh adanya MEA tersebut adalah?

adanya MEA memberikan dampak bagi kehidupan negara-negara yg ada di ASEAN. bagi negara yg belum siap menghadapi adanya MEA, maka salah satu dampak yg mungkn terjadi adalah meningkatnya angka penggangguran. upaya yg bisa dilakukan oleh indonesia untuk mencegah angka pengangguran, upaya yg bisa dilakukan oleh manusia untuk mencegah dampak buruk yg ditimbulkan oleh adanya MEA tersebut adalah?

  1. menggunakan robot untuk meningkatkan produktivitas industri
  2. memudahkan visa kerja untuk tenaga kerja asing
  3. menarik tengaa ahli asing untuk bekerja di indonesia
  4. meningkatkan pendidikan dan keterampilan penduduknya
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. meningkatkan pendidikan dan keterampilan penduduknya

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, adanya mea memberikan dampak bagi kehidupan negara-negara yg ada di asean. bagi negara yg belum siap menghadapi adanya mea, maka salah satu dampak yg mungkn terjadi adalah meningkatnya angka penggangguran. upaya yg bisa dilakukan oleh indonesia untuk mencegah angka pengangguran, upaya yg bisa dilakukan oleh manusia untuk mencegah dampak buruk yg ditimbulkan oleh adanya mea tersebut adalah meningkatkan pendidikan dan keterampilan penduduknya.