Mengapa volume agar agar berkurang setelah dibekukan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa volume agar agar berkurang setelah dibekukan

Volume agar-agar berkurang setelah dibekukan karena proses penguapan. Agar-agar yang dibiarkan di tempat terbuka lama kelamaan akan membeku. Setelah agar-agar dimasak (dipanaskan) hingga mendidih, agar-agar tersebut masih menguap hingga suhunya menurun menyesuaikan suhu ruang. Menguap adalah proses perubahan wujud dari zat cair menjadi gas. Dengan demikian, volume agar-agar semula yang berwujud cair berkurang karena sebagiannya berubah menjadi gas. Simak penjelasan berikut.

Pembahasan

Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, gas. Benda dapat mengalami perubahan wujud dari satu wujud ke wujud lainnya. Perubahan ini merupakan perubahan fisika karena tidak menghasilkan zat baru dan dapat kembali ke bentuk semula. Berikut jenis-jenis perubahan wujud benda.

1. Mencair

Mencari adalah proses perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair karena adanya kenaikan suhu. Contoh: es meleleh saat dibiarkan di tempat terbuka.

2. Membeku

Membeku adalah proses perubahan wujud dari zat cair menjadi zat padat karena adanya penurunan suhu. Contoh: setelah dipanaskan, agar-agar yang dibiarkan di suhu lingkungan lama-lama membeku.

3. Menguap

Membeku adalah proses perubahan wujud dari zat cair menjadi zat gas. Contoh: air yang direbus lama-kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas.

4. Mengembun

Mengembun adalah proses perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair. Contoh: gelas yang diberi es akan basah di bagian luarnya.

5. Menyublim

Menyublim adalah proses perubahan wujud dari zat padat menjadi zat gas atau sebaliknya. Contoh: kapus barus dibiarkan di suhu lingkungan akan habis karena berubah menjadi gas.

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Fisika

Bab: Karakteristik Zat

Kode: 7.7.5

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa volume agar agar berkurang setelah dibekukan Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar