5 Film Sejarah Dunia Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Wajib Nonton

Buat kamu yang ingin tahu tentang sejarah dunia tapi males baca buku sejarah, tenang karena kamu bisa mengetahui sejarah dunia hanya dengan menonton sebuah film sejarah yang bisa kamu pilih salah satu film sejarah yang teknkhits dibawah ini. Yuk kita simak bersama.

 

5 Film Sejarah Dunia Terbaik Sepanjang Masa

 

1. Schindler’s List (1993)

Schindler's List (1993)
Sumber gambar: akief workshop

Film sejarah yang wajib kamu tonton yaitu Schindler’s List yang mengangkat tema Holocaust; pembantaian bangsa Yahudi oleh Nazi Jerman pada era Perang Dunia ke-2 dengan sangat realistis. Bahkan, film ini sukses menyabet 6 piala Oscar.

Film arahan Steven Spielberg tersebut berkisah tentang pengusaha Jerman yang juga simpatisan Nazi bernama Oskar Schindler. Meskipun begitu, ia sangat berjasa bagi orang Yahudi.

Schindler berusaha menyelamatkan ribuan orang Yahudi dengan “mempekerjakan” mereka di pabriknya. Film ini pun dibuat hitam putih supaya lebih kelam. Kamu bisa diperlihatkan kekejaman Nazi terhadap bangsa Yahudi di Eropa. Bisa dibilang, film ini lebih mirip film horor dibanding film sejarah.

 

2. Lincoln (2012)

Lincoln (2012)
Sumber gambar: ajirenji

Abraham Lincoln adalah mantan Presiden Amerika Serikat ke-16. Perjuangannya menghentikan perbudakan warga kulit hitam di Amerika terus dikenang hingga kini. Alih-alih ceritakan seluruh kisah hidup Lincoln, film biopik ini justru hanya menceritakan 4 bulan terakhir kehidupan Abraham Lincoln.

Rasa kemanusiaan Lincoln juga terwujud berkat upayanya dalam meloloskan amandemen ke-13. Di sisi lain, ia juga usaha untuk hentikan perang saudara yang terjadi di AS.

 

3. The Last Emperor (1987)

The Last Emperor (1987)
Sumber gambar: imdb

Sebelum jadi sebuah negara republik, China adalah sebuah kekaisaran raksasa. Film The Last Emperor ini mengisahkan keruntuhan dinasti Qing serta kebangkitan negara komunis China. Film sejarah dunia tersebut ceritakan kisah Pu Yi, kaisar terakhir China yang dinobatkan sejak berusia 3 tahun. Meski begitu, kehidupannya tak seenak yang dipikirkan.

Jabatannya sebagai kaisar China tidak berlangsung lama. China yang kemudian dipimpin presiden Sun Yat Sen membuangnya dan menjadikannya tahanan negara.

 

4. Munich (2005)

Munich (2005)

Munich adalah sebuah film action drama yang berlatar tragedi pembantaian 11 atlet Israel pada ajang Olimpiade Munich 1972 oleh sekelompok teroris Palestina. Kisahnya, pemerintah Israel dan Mossad; pasukan khusus Israel membentuk sebuah tim berisi 5 orang dengan spesialisasi berbeda-beda untuk memburu teroris tersebut.

Akan tetapi, sebuah upaya ini tak semudah yang mereka pikirkan. Terdapat banyak rintangan dan kesulitan yang harus mereka lewati dalam menyelesaikan misi mereka.

 

5. Dunkirk (2017)

Dunkirk (2017)
Sumber gambar: imdb

Kamu suka film karya sutradara Christopher Nolan? Jika iya, kamu wajib banget deh nonton film berlatar perang dunia ke-2 berjudul Dunkirk ini, bro. Film Dunkirk ini mengisahkan sebuah proses evakuasi ratusan ribu pasukan sekutu yang terjebak di pantai Dunkirk, Perancis; yang kini telah dikepung oleh pasukan Jerman.

Proses evakuasi dalam film sejarah terbaik ini digambarkan melalui 3 perspektif: darat, laut, dan udara. Film ini juga minim dialog sehingga kamu harus fokus ketika menyaksikannya.