Gak Bisa Download Aplikasi di Play Store, Coba Lakukan 5 Trik Ini
Sumber gambar: tech guide

Gak Bisa Download Aplikasi di Play Store, Coba Lakukan 5 Trik Ini

untuk kamu pengguna smartphone perangkat Android, tentu sudah enggak asing lagi dengan Google Play Store, aplikasi toko ini adalah sebuah aplikasi penting untuk mendownload aplikasi lainnya yang kamu butuhkan. Akan tetapi, terkadang Google Play Store sering mengalami sebuah masalah.

Masalah yang sering terjadi di Google Play store diantaranya kesalahan saat mengunduh aplikasi baru sampai Play Store tidak dapat terbuka atau fore close. untuk membahas masalah tersebut, teknohits akan memberikan informasi info menarik dibawah ini. Yuk kita simak.

 

Apa Itu Google Play Store?

Google Play Store biasa disebut juga “Google Play” adalah marketplace digital perusahaan. Google Play secara default udah diinstal di ponsel dan tablet Android, TV Android dan perangkat Google TV. Google Play Store juga dapat diakses secara online melalui browser web.

Tujuan utama Google Play Store yaitu untuk menjadi tempat bagi pengguna Android agar mendownload aplikasi dan game. Bahkan, dulu disebut “Android Market”. Pada waktu itu, Google Play Store cuma mempunyai aplikasi dan game Android, tetapi saat Google mengembangkannya, nama Android Market tidak digunakan kembali.

 

5 Cara Mengatasi Google Play Store Bermasalah

 

1. Periksa koneksi internet

Cara pertama yaitu coba kamu alihkan jaringan internet dari Wi-Fi ke data seluler atau sebaliknya. Lalu kamu coba memakai mode pesawat ponsel dan mengembalikannya lagi. Lalu, atur ulang router untuk memastikan koneksi internet dalam keadaan baik.

 

2. Pengaturan tanggal dan waktu

Tanggal dan waktu smartphone Android untuk Play Store akan diperiksa oleh Google. Bila Play Store tak menemukan waktu, jika itu akan menyebabkan masalah. Server bakal kesusahan untuk melakukan sinkronisasi bersama perangkat sehingga Play Store tak berfungsi. Maka dari itu, kamu harus memastikan tanggal dan waktu ponsel Android sudah diatur secara otomatis oleh jaringan.

 

3. Instal aplikasi Google Play terbaru

Biasanya pembaruan aplikasi Google Play sudah tersedia tapi tidak terunduh secara otomatis. Dampaknya, Google Play yang digunakan masih versi lama hingga berhari-hari atau bahkan bermingu-minggu.

 

4. Kosongkan cache Google Play Store

Dalam banyak kasus, mengosongkan cache bisa meringankan menyelesaikan masalah Google Play Store. Caranya cukup mudah hanya dengan masuk ke Settings, pilih Apps atau Application Manager. Kemudian gulir ke bawah untuk masuk ke penyimpanan, dan hapus cache.

 

5. Hapus data Play Store

Cara ini akan mengatur aplikasi kembali ke titik awal dan menyebabkan seluruh file, pengaturan, akun, data, dan informasi lainnya akan terhapus. Caranya yaitu dengan membuka Settings, pilih Apps atau Application Manager. Lalu gulir ke bawah untuk hapus data. Jika belum berhasil, coba hapus data dan cache di Layanan Google Play.